Sepertilah Cara Terbaik Untuk Membaca Buku Perkuliahan Agar Tidak Mudah Bosan Dan Lelah

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2020-02-22 14:34:34 | Kategori : umum , | Komentar : 0

 

Mahasiswa pasti selalu dikaitkan dengan tugas serta membaca. Buku-bukunya pasti juga banyak serta tebal-tebal. Jika kamu termasuk malas membaca, pastinya kamu akan susah untuk melakukan hal tersebut. Namun, bagi penyuka buku, deadline tugas yang sangat berdekatan juga masalah. Makanya, kamu membutuhkan cara terbaik membaca buku-buku kuliah tanpa mudah bosan dan lelah.

Selain rasa malas, ada beberapa faktor lain yang dapat membuat kamu bosan saat membaca buku kuliah. Selain karena kelelahan, dapat jadi bukunya kurang menarik. Bahkan, yang gemar membaca pun punya pilihan jenis yang paling disukai. Tapi, karena wajib, kamu harus tetap membaca buku-buku yang mungkin terasa sangat membosankan tersebut.

Maka dari itu, cobalah untuk menerapkan beberapa cara terbaik untuk membaca buku-buku kuliah tanpa mudah bosan dan lelah di bawah ini:

  • Tentukan waktu yang sesuai saat membaca

Jangan memaksakan diri membaca jika sudah mengantuk atau pun sangat capek. Pilihlah waktu yang paling sesuai dan nyaman bagimu. Ada yang lebih nyaman membaca waktu pagi hari, karena pikiran masih segar. Ada yang bisa melakukannya saat jam istirahat di kampus atau pada waktu sebelum tidur.

  • Menentukan lingkungan yang paling nyaman saat membaca

Jauhi untuk membaca pada area yang gelap, karena dapat merusak mata. Selain itu, mungkin kamu lebih suka membaca dalam suasana sunyi serta tenang, seperti di perpustakaan atau kamar tidur. Ada juga yang dapat tahan membaca di tempat ramai, misalnya di kafe kampus. Ada juga yang membaca sambil mendengarkan musik. Yang pasti, tentukanlah yang paling membuatmu nyaman waktu sedang membaca buku.

  • Memberikan target membaca harian dengan masuk akal

Ini tidak hanya berlaku sebagai cara membaca buku-buku kuliah tanpa mudah bosan. Kamu juga bisa menyelesaikan tugas membaca secara lebih ampuh. Contohnya saja sekali membaca, ternyata kamu kuat menyelesaikan 10 halaman atau bahkan satu bab. Jika ternyata kamu punya waktu luang dua kali untuk membaca (seperti pagi hari serta malam sebelum tidur), berarti kamu dapat membaca 40 halaman atau dua bab per hari. Jadikan hal tersebut sebagai target minimal harian kemampuanmu.

  • Dapat memakai pembatas buku berwarna dan motif unik pada bagian buku yang sedang dibaca

Jangan malas untuk memakai sebuah pembatas buku, apalagi bila bukunya kamu pinjam dari perpustakaan kampus. Daripada melipat kertas halaman tersebut, lebih baik pakai pembatas buku sebagai penanda halaman terakhir yang kamu baca. Pilihlah yang berwarna unik dan motif menarik agar tambah semangat saat membaca buku.

  • Kumpulkan niat serta ingat komitmen untuk menyelesaikan masa kuliah

Inilah salah satu cara membaca buku-buku kuliah tanpa mudah bosan paling penting. Apa pun yang dilakukan dengan niat yang besar, hasilnya akan sepadan. Lagi pula, kamu juga mau segera menyelesaikan tugas yang ada sebelum deadline.

  • Temukan posisi paling sesuai waktu membaca

Ini juga termasuk cara ampuh saat membaca buku-buku kuliah tanpa mudah bosan online terpercaya. Posisi duduk tegak tanpa harus tegang adalah yang paling tepat. Kamu tidak akan cepat merasa lelah atau mengalami kram pada leher dan punggung. Jika membaca sambil berbaring atau terlalu bersandar, yang ada kamu malah akan tertidur.

  • Mempersiakan camilan serta minuman untuk memicu semangat

Tidak mau otakmu terlalu capek waktu membaca? Siapkan snack, teh, atau kopi supaya energi otakmu dalam kondisi prima. Tidak perlu makanan yang berat-berat, kue-kue kecil juga dapat disiapkan. Bahkan, jika mau lebih sehat, sediakan buah-buahan serta minuman air putih untuk menemanimu saat membaca buku kuliah.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar