Bisa Terhindar Dari Stress Saat Baru Pertama Kali Kuliah Dengan Sedikit Trik Jitu Yang Ada Diulasan

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2019-12-05 05:50:54 | Kategori : umum , | Komentar : 0

 

Pada waktu kalian sekolah sma dengan yang kampus memanglah satu hal yang berbeda dan tidak bisa disamakan. Pada saat masih di sekolah menengah atas, mungkin kalian perlu belajar penuh di sekolah selama 7 sampai dengan 8 jam dalam satu hari. Sedangkan kuliah pada waktu belajar cenderung untuk tidak menentu dan biasanya juga tidak memakan waktu lama seperti pada saat di sekolah dulu.

Namun dengan singkatnya pada saat belajar di kampus bukan berarti kalian bisa bersenang-senang sendiri. Tak jarang juga ada banyak sekali tugas dari dosen, seperti pengamatan atau pembuatan karya, yang justruakan memakan lebih banyak waktu dan tenaga lebih. Oleh sebab itu, kalian juga perlu tahu perbedaaan cara manajemen waktu pada saat mulai masuk kuliah dan yang pasti perlu biasakan hal berikut agar tidak stress:

  • Penyesuaian Waktu Tidur Yang Tepat

Kalau pada saat masih di sekolah kamu selalu bangun tidur di jam yang sama setiap harinya, maka ada baiknya kalau kebiasaan ini tidak usah diubah, girls. Hanya karena kelas pertama dimulai jam 11 siang, bukan berarti kalian juga bisa bangun siang juga. Dengan membiasakan waktu bangun tidur yang sama setiap harinya, sebagai contoh konsisten bangun jam 5 pagi.

Hal itu akan sangat baik juga untuk kebiasaan jangka panjang. Kalian juga akan terbiasa untuk bangun tidak terlambat, dan juga dapat mengintrol jam berapa waktu yang begitu tepat untuk tidur setiap malam. Sehingga dengan ini kamu juga akan akan terhindar dari kebiasaan begadang untuk beberapa hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

  • Kamu Butuh Lebih Banyak Pengingat Untuk Tidak Telat

Saat engkau masih menyandang seorang siswa, mungkin rutinitas yang kalian lakukan juga tidak terlalu banyak dan tidak terlalu beragam. Berbeda dengan setelah kalian menjadi seorang mahasiswa, maka akan ada banyak sekali kegiatan yang harus dijalankan.

Bahkan di luar jam kelas, misalnya menemui dosen, mengurus organisasi, sampai dengan menghadiri event yang berhubungan dengan kemahasiswaan. Oleh sebab  itu, kamu perlu menyiasatinya dengan membuat alat pengingat yang lebih banyak.

  • Lebih Cermat Dalam Mengatur Waktu Belajar Yang Lebih Baik

Dulu pada saat SMA kalian juga mungkin memiliki waktu untuk mengevaluasi pelajaran sepanjang hari ketika di rumah, atau pada saat weekend tiba. Namun pada saat menginjak perguruan tinggi, tugas dan beragam kesibukan yang ada dapat menjadikanmu merasa taka ada lagi waktu untuk mengevaluasi pelajaran bagi diri sendiri.

Dalam hal ini kalian juga bisa memanfaatkan waktu jeda kelas untuk belajar sendiri. Kamu juga bisa pergi ke perpustakaan atau coffee shop terdekat untuk ambil waktu belajar. Cara ini tergolong ampuh untuk mencegah malas karena capek saat tiba di rumah atau kos. Lagi pula jika sudah belajar di siang hari, kalian juga bisa memanfaatkan malam harinya untuk lebih bersantai.

  • Siap Dengan Perbedaan Dalam Menghadapi Ujian

Materi pada setiap mata kuliah yang mengarah pada harus kesukaran akan membuatmu mau tidak mau harus menyiapkan strategi untuk menghadapi ujian. Kalau pada saat sekolah kalian mungkin sering menerapkan sistem kebut semalam, di bangku kuliah akan lebih baik bila kamu sering me-review setiap pelajaran yang baru diperoleh.

Dan selain itu kalian juga perlu lebih aktif bertanya kepada dosen atau teman yang telah mengerti. Mungkin membutuhkan lebih banyak lagi usaha, namun percayalah dengan usaha yang lebih banyak itu kalian juga akan mensyukuri hasilnya yang sangat memuaskan.

uma

 


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar