Saksikan Indahnya Pesona Yang Dapat Para Wisatawan Rasakan Di Area Wisata Gua Jomblang

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2019-11-26 05:03:35 | Kategori : umum , | Komentar : 0

Gua Jomblang tentu bukan sebuah istilah baru dalam kamus kegiatan untuk telusur gua atau caving. Gua vertikal bertipe collapse doline ini adalah sebuah gua yang disediakan dengan hutan purba yang tebal di dasarnya.

Terbentuk karena adanya proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang terdapat di atasnya ke dasar bumi yang telah terjadi ribuan tahun lalu menjadikan aura eksotisme dari gua ini kian terlihat jelas. Pengunjung dapat merasakan rindangnya vegetasi yang ada di dasar gua.

Aneka tumbuhan pakis, lumut serta vegetasi hutan tropis dapat ditemui sepanjang mata memandang. Seluruh tumbuhan itu hidup dan ada pada lapisan atas ambles beribu tahun yang lalu. Setelah melintasi jalur vegetasi tersebut, pengunjung akan dibawa untuk melewati Luweng Grubug untuk melihat  karya Tuhan yang luar biasa.

Runtuhan akibat proses geologi yang sudah ada dan terjadi membentuk sebuah sinkhole atau sumuran dengan luas mulut gua sekitar 50 m2. Pada bahasa Jawa, istilah lain yang digunakan sebagai penamaan sumuran yaitu luweng. Tidak heran, jika gua ini juga kerap dikenal dengan Luweng Jomblang.

Berbekal paket wisata yang diberikan oleh pengelola kisaran Rp.450.000,00/orang, wisatawan akan dilengkapi dengan aneka peralatan caving untuk bisa merasakan seisi gua. Aktivitas caving diterapkan dengan teknik tunggal atau single rope technique (SRT).

Bagi pemula, tidak perlu cemas, karena kegiatan ini akan dilihat secara full oleh pemandu serta penelusur gua yang berpengalaman. Jadi, jangan takut untuk merasakannya. Selain itu, agar dapat menunjang keselamatan bagi para caver, aktivitas ini harus memakai berbagai macam peralatan khusus sesuai standar keamanan caving di gua vertikal.

Langkah pertama yang diterapkan yaitu dengan pemasangan SRT Set di badan caver oleh pemandu, sembari menjelaskan nama serta fungsi masing-masing alat. SRT Set ada dari seat harness, chest harness, ascender/roll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, dan juga cowstail pendek.

Selain SRT Set, perlengkapan lain yang juga perlu dipakai adalah coverall, sepatu boot, helm atau pelindung kepala serta headlamp.

Setelah semua perlengkapan disiapkan, caver akan diajak untuk menuju lintasan yang beraneka ragam ketinggiannya, mulai dari 40 sampai 80 meter. Bagi pemula, biasanya akan lewat lintasan yang pendek atau biasa dikatakan jalur VIP. Setelah menaklukkan aneka tantangan, caver bisa merasakan sajian alam yang sangat indah sekali.

Untuk pengunjung yang memang mau mengisi waktu liburan dengan datang  ke Gua Jomblang, dianjurkan untuk booking kepada pengelola terlebih dahulu, karena jumlah pengunjung sangat ditentukan. Akses menuju tempat ini lumayan gampang jika mau menggunakan moda transportasi umum misalnya pada bus kota.

Jika beralih dari Terminal Giwangan Yogyakarta, wisatawan bisa menaiki bus jurusan Wonosari yang dikenakan tarif Rp.9.000,00 per orangnya. Wisatawan bisa turun di terminal Wonosari untuk kemudian kembali naik bus ke jurusan Semanu dengan ongkos lagi sebesar Rp.7.000,00.

Beberapa tukang ojek akan mengantar wisatawan dengan harga yang memang sudah disepakati menuju lokasi Gua Jomblang di Desa Pacarejo judi deposit pulsa, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak perlu ragu, beragam jenis rintangan yang dihadapi waktu menuju destinasi akan senilai dengan eksotisme Gua Jomblang yang tentu susah dihilangkan dari ingatan.

Nah, bagi Anda yang berminat merasakan indahnya Gua Jomblang, tak ada salahnya untuk merencanakan semua kegiatan liburan berkesan Anda bersama agen yang memang terpercaya karena biasanya ada banyak promo menarik dan menguntungkan.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar