Ingin Jago Dan Lancar Dalam Berbicara Bahasa Inggris, Ini Dia Tipsnya

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2019-10-19 16:40:11 | Kategori : umum , | Komentar : 0

 

 

Ada fakta yang wajib diperhatikan tentang skill dalam berbicara Bahasa Inggris (speaking English) masyarakat Indonesia saat ini.

Sadarkah Anda bahwa kebanyakan dari orang Indonesia itu belajar Bahasa Inggris hanya lewat sekolah selama 6-12 tahun (terhitung dari SD hingga jenjang SMA)? Namun, kenapa tak banyak orang Indonesia fasih berbicara Bahasa Inggris? Tentu jawabannya adalah tidak lain jarang berlatih.

Selain itu, kebanyakan dari masyarakat Indonesia belajar Bahasa Inggris biasanya hanya berupa teoretis dan kurang praktis.

Padahal, bahasa merupakan sebuah kebiasaan. Agar bahasa bisa menjadi kebiasaan, maka perlu dilatih terus menerus. Maka dari itu, kami bagikan beberapa cara ampuh lancar berbicara Bahasa Inggris bahkan tanpa perlu mengikuti beberapa kursus.

  • Coba belajar dari kesalahan yang ada

Karena status Bahasa Inggris di Indonesia adalah sebagai bahasa asing, maka wajar jika banyak orang Indonesia yang merasakan beberapa kesalahan.

Mungkin saat Anda melakukan kesalahan berbahasa Inggris, Anda akan merasa malu jika diperbaiki. Contohnya saja saat Anda mengucapkan kata peace atau piece dengan pengucapan yang sama. Memang salah, tapi bukan jadi sebuah masalah berarti. Dari kesalahan ini, Anda dapat secara bertahap untuk memperbaiki kemampuan biasa inggris Anda.

  • Belajar bahasa inggris dari barang-barang disekitar Anda

Saat Anda belajar Bahasa Inggris di sekolah hingga di tempat kursus, pasti ada sesi guru mengajak murid untuk mengucapkan beberapa istilah Bahasa Inggris dari benda-benda sekitar. Nah, di sini kami juga menyarankan Anda untuk mengikuti kiat tersebut. Anda dapat mengucapkan beberapa istilah seperti kipas angin, sabun, panci, wajan, meja, dan sebagainya. Cara ini akan memperbanyak kosakata Anda dalam Bahasa Inggris.

  • Coba untuk jalan-jalan keluar negeri

Jika Anda ingin lebih jago lagi, cobalah datang atau tinggal di tempat yang mewajibkan Anda berbicara Bahasa Inggris. Anda dapat pergi ke luar negeri. Tidak perlu terlalu jauh, hanya tinggal pergi ke negara tetangga Indonesia yang mayoritas penduduknya berbahasa Inggris, misalnya saja Singapura. Ketika Anda di Singapura, mau tidak mau Anda wajib berbicara Bahasa Inggris. Jika tidak begitu, tidak akan ada yang akan tau ucapan Anda.

  • Coba latihan dengan diri sendiri

Mungkin beberapa dari Anda menilai trik ini sebagai hal yang abnormal. Namun, tahukah Anda, ternyata berlatih dengan diri sendiri adalah cara ampuh untuk menguasai speaking english. Misalnya, Anda tengah kepanasan dan Anda mengatakan "This day is so hot.". Cara ini akan lama kelamaan membuat diri anda terbiasa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

  • Lakukan trik imitasi

Belajar bahasa tidaklah sama saat belajar matematika. Anda dapat mengcopy bagaimana bule melafalkan kata demi kata pada Bahasa Inggris. Anda juga dapat melihat film barat yang notabene berbahasa Inggris dengan subtitle Inggris juga.

Dari situ, Anda belajar cara mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris dengan benar. Selain itu, Anda bisa melihat beragam video belajar Bahasa Inggris di internet yang tentunya akan menambah kemampuan Anda 159.65.63.172.

Dari proses trik yang satu ini, Anda juga akan sekaligus belajar grammar. Kenapa demikian ? Karena Anda akan mengetahui pola kalimat pada Bahasa Inggris. Hal ini tentunya dapat terjadi jika Anda kerap mendengarkan pembicaraan dalam Bahasa Inggris.

Contohnya terdapat kalimat present tense “I have a number of pen” (saya punya banyak pena). Anda bisa mengganti subject atau objectnya dengan beberapa kalimat yang mirip, contohnya “We have a number of books” (kami memiliki banyak sekali buku).


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar