Cari Tau Mengenai Gejala Awal Dari Mata SIlinder Yang Dapat Berdampak Pada Penglihatan

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2019-08-29 21:02:58 | Kategori : umum , | Komentar : 0

 

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting dari tubuh, dimana yang berguna untuk mendeteksi cahaya yang masuk ke dalam tubuh, sehingga membuat manusia bisa melihat objek-objek yang ada di dekatnya. Sama halnya seperti organ tubuh yang lainnya, mata juga sering mengalami beberapa masalah.

Beberapa di antaranya yaitu dari penyakit katarak, mata minus, dan mata silinder. Lalu seperti apa gejala mata silinder ini? Tentunya hal tersebut bisa mengganggu penglihatan dan kegiatan. Perhatikan saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dalam dunia medis, sebutan mata silinder disebut juga dengan Astigmatisme, yakni sebuah keadaan dimana mata mengalami penglihatan kabur serta berbayang akibat bentuk kornea atau lensa mata yang tidak cembung dengan benar. Untuk membedakan ciri mata silinder dengan gangguan mata lain, di bawah ini adalah beberapa ciri mata silinder yang dapat mengganggu penglihatan Anda.

  • Mata menjadi sering lelah

Gejala mata silinder yang pertama ini adalah mata mudah lelah. Adanya kerusakan pada mata yang membuat mata bekerja ekstra keras, sehingga mata jadi mudah lelah waktu melihat. Terutama saat mata harus fokus dalam waktu yang lumayan lama pada sebuah objek, seperti membaca buku, menatap layar elektronik, ataupun melihat dari jarak jauh. Pada mata normal, kegiatan ini tidak begitu melelahkan, namun pada pengidap silinder dapat membuat matanya menjadi gampang lelah.

  • Sering merasakan S]sakit kepala serta sulit fokus

Munculnya sakit kepala terjadi karena indera penglihatan yang kabur, sehingga mata harus bekerja lebih ekstra waktu melihat suatu objek. Sakit kepala biasanya terjadi pada bagian depan kepala atau lobus frontal. Terdapat beberapa kasus yang terjadi, silinder yang parah juga akan berefek pada timbulnya rasa sakit kepala. Kondisi ini biasanya terjadi akibat mata yang lelah saat berusaha agar bisa melihat objek dengan jelas serta fokus.

  • Kemungkinan pandangan mulai kabur

Penglihatan tampak buram atau kabur adalah  salah satu gejala mata silinder yang menunjukkan adanya kerusakan pada mata. Dalam keadaan normal lensa di dalam bola mata sewajibnya berbentuk bulat sempurna, yaitu berfungsi untuk meratakan penyebaran cahaya yang datang ke mata supaya objek bisa terlihat dengan jelas. Namun pada kondisi mata yang sedang ada gangguan khususnya mata silinder, maka lengkungan pada lensa mata tidak berbentuk bulat.

Perbedaan yang ada pada bentuk lengkungan bisa merubah cahaya yang masuk atau membiaskan kembali pada arah yang lain. Pada akhirnya, objek cahaya tidak dapat jatuh benar di retina, sehingga inilah yang membuat penglihatan Anda menjadi tidak jelas serta menjadi buram.

  • Sisi penglihatan menjadi lebih sempit

Gejala mata silinder yang terakhir ini adalah menyempitnya sudut penglihatan. Saat melihat sesuatu dengan jarak yang tidak dekat, secara otomatis mata akan menyipit untuk memfokuskan titik lihatnya. Tidak hanya itu, pengidap mata silinder ini juga akan memiringkan kepalanya untuk memperoleh penglihatan yang lebih jelas dan fokus. Kesusahan untuk melihat suatu objek, tak jarang menjadikan Anda harus menyipitkan mata agar objek terlihat sangat jelas.

Cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi gejala mata silinder yaitu dengan menjaga kebersihan mata, menghindari kebiasaan buruk, contohnya saja seperti membaca di tempat yang gelap atau menonton TV terlalu dekat. Selain itu bisa pula dengan memperbanyak konsumsi sayur serta buah yang ada kandungan vitamin A dan C. Dijamin mata akan kembali sehat serta jauh dari berbagai kerusakan pada mata.

Itulah tadi mengenai ulasan dari beberapa gejala mata silinder, jika Anda merasakan gejala seperti yang telah disebutkan diatas segeralah konsultasikan ke dokter dengan cepat. Semoga bermanfaat dan baca obat penghilang bopeng


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar