Mengenal Gaya Hidup Remaja Masa Kini

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2019-04-26 22:54:19 | Kategori : umum , | Komentar : 0

Gaya hidup dapat diartikan sebagai gambaran bagi setiap orang yang memperhatikan seberapa besar nilai moral orang tersebut didalam suatu masyarakat. Gaya hidup dapat diartian juga sebagai sebuah seni yang dibudayakan oleh setiap orang. Selain itu, gaya hidup berkaitan juga dengan perkembangan teknologi dan zaman. Jika semakin berkembang sebuah zaman, maka gaya hidupnya juga akan semakin berkembang luas.

Dalam arti lain, gaya hidup dapat memberikan pengaruh positif dan negatif bagi setiap orang yang menjalankannya. Salah satunya adalah gaya hidup para anak remaja. Usia remaja merupakan masa transisi, yang dimana masa masa tersebut cenderung untuk selalu mengikuti trend yang sedang populer, mengikuti tokoh idola, dan sebagainya. Masa remaja bisa dibilang sebagai masa pembentukan dan pencarian jati diri.

Kebanyakan para remaja beranggapan bahwa pada usia remaja mereka dapat melakukan apa saja yang disukai. Jika tidak mengikuti perkembangan maka akan dianggap tidak modern dan ketinggalan zaman. Sebenarnya, yang melatarbelakangi gaya hidup remaja serba modern adalah perkembangan di zaman itu sendiri. Selain itu juga, karena adanya arus globalisasi yang sangat kuat sehingga mengharuskan mereka untuk mengikuti perkembangan itu sendiri.

Ditemukan juga bahwa, beberapa generasi remaja masa kini dicirikan oleh beberapa hal yang cukup unik. Sangat berpusat dan mencirikan pada diri sendiri serta ingin memuaskan keinginannya tanpa berpikir secara matang. Mereka selalu terbiasa dengan musik keras, tato, tindik dan beberapa hal negatif lainnya. Lalu mereka juga sangat kurang dalam bidang kepemimpinan, inisiatif, motivasi, dan komitmen. Mereka percaya bahwa kesuksesan akan dapat dicari dan diperoleh dengan cara yang mereka inginkan.

Terjadinya perubahan gaya hidup seperti yang di lansir infia pada remaja masa kini juga dipengaruhi oleh perubahan budaya, nilai dan pola pikir yang dianut oleh masyarakat setempat. Kini para remaja lebih lebih menyukai hal-hal yang sifatnya instan, pragmatis dan berbau luar negeri. Untuk mengetahui gaya hidup remaja masa kini, sebaiknya ketahui terlebih dulu bentuk yang mempengaruhi gaya hidup modern dan pengaruh perkembangan zaman, globalisasi terhadap gaya hidup modern.

Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup Modern

Salah satu yang menjadi bentuk gaya hidup modern adalah bahwa status seseorang ditandai dengan perubahan penampilan dan segala sesuatu yang digunakannya, misalnya kendaraan, perhiasan, ponsel dan lain sebagainya. Di zaman yang serba canggih dan padatnya ruang gerak mobilitas seperti di kota-kota besar, membuat kebanyakan orang kota lebih menyukai hal-hal yang sifatnya instan dan menyukai bercengkraman di tempat-tempat tertentu, seperti misalnya pada cafe yang saat ini dianggap sebagai gaya hidup modern. Selain itu pernikahan, perayaan wisuda, juga merupakan bagian dari gaya hidup modern. Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan infromasi menjadi salah satu faktor pembentuk gaya hidup baru, termasuk salah satunya para remaja masa kini.

Lalu, apakah ada pengaruh globalisasi terhadap gaya hidup seseorang?

Singkatnya, globalisasi merupakan suatu proses untuk menuju sistem kehidupan yang lebih global. luas dan terbuka dalam berbagai aspek dan segi kehidupan manusia. Dengan adanya globalisasi, maka terbukalah akses pada sebuah negara ke negara yang lainnya. Salah satunya adalah globalisasi dalam bidang informasi dibidang internert yang memberikan perubahan yang cukup dirasakan oleh manusia melalui jaringan internet yang telah terhubung secara luas. Dengan adanya globalisasi, ternyata dapat membawa pengaruh positif bagi gaya hidup para remaja, namun disisi lain tidak menutup kemungkinan bahwa dapat pula membawa pengaruh yang negatif.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar