Ingin Buka Cabang Bisnis Restoran, Perhatikanlah Beberapa Hal Berikut Ini

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2019-04-29 21:53:34 | Kategori : umum , | Komentar : 0

Apakah Anda melihat peluang memperluas usaha restoran yang dijalankan? Apabila iya, mungkin salah satu yang terpikirkan adalah dengan cara membuka cabang restoran. Keinginan pemilik bisnis untuk membuka cabang restoran memang bukanlah hal yang salah.

Membuka cabang restoran dianggap sebagai salah satu strategi memperluas bisnis yang dijalankan. Apalagi jika restoran menunjukkan perkembangan yang pesat serta punya potensi keuntungan yang tinggi.

Namun meskipun membuka cabang restoran seolah terdengar seperti hal yang mudah untuk dilakukan, ternyata tetap membutuhkan pemikiran serta persiapan yang lebih matang lagi supaya nantinya justru tidak gagal di tengah jalan.

Untuk Anda yang sedang berandai-andai atau berencana ingin memperluas bisnis dengan membuka cabang restoran, berikut ini telah kami kumpulkan beberapa pertimbangan yang penting untuk dilakukan sebelum benar-benar memutuskan membuka cabang bisnis restoran, diantaranya :

  • Analisa keadaan restoran yang ada

Sebelum memutuskan untuk membuka cabang, perhatikan dan analisa keadaan restoran yang kini sedang dijalankan. Apakah restoran sudah berhasil mencapai target penjualan yang sebelumnya ditentukan? Bagaimanakah reputasi restoran di mata pasar? Apakah bisnis restoran ini akan lebih berkembang dengan perluasan usaha lewat pembukaan cabang?

  • Perhitungkan bagian keuangan

Baik membuka restoran baru maupun cabang restoran tetap saja membutuhkan pendanaan yang cukup. Baik itu untuk sewa tempat, membayar bahan baku, membayar tagihan listrik dan air, hingga membayar gaji karyawan. Maka dari itu, pertimbangan selanjutnya adalah apakah dana untuk menjalankan restoran yang kini dijalankan sudah stabil sehingga nantinya saat membuka cabang, restoran utama tidak akan terganggu dalam hal keuangan.

Kemudian pertimbangkan juga berapa saja dana yang dibutuhkan untuk membuka cabang, serta apakah Anda memiliki dana berlebih yang bisa digunakan untuk pendanaan cabang tersebut. Apabila ternyata dana kurang atau butuh dukungan dana, cobalah juga untuk memikirkan langkah apa yang akan diambil. Beberapa bisnis restoran yang membuka cabang biasanya mendapat bantuan dana dari investor, dan beberapa ada juga yang memilih untuk meminjam dana dari bank maupun institusi lainnya

  • Pemilihan lokasi restoran

Pertimbangkan juga dimana lokasi yang kira-kira tepat untuk membuka cabang. Ingatlah bahwa lokasi adalah salah satu faktor penting yang bisa membantu bisnis mendapat lebih banyak pelanggan. Anda juga bisa menjadikan lokasi restoran yang ada sebagai patokan untuk mencari lokasi baru bagi cabang yang ingin dibuka.

Apakah lokasi yang sudah ada berhasil membawa lebih banyak pelanggan sehingga restoran diuntungkan secara finansial? Jika jawabannya adalah iya, maka cobalah untuk menjadikan lokasi yang sudah ada sebagai patokan dalam memilih lokasi untuk cabang restoran lainnya. Namun apabila ternyata dianggap masih kurang menguntungkan, maka bisa mulai dipikirkan lokasi seperti apa yang bisa memberi keuntungan lebih.

  • Pengelolaan restoran

Beberapa pebisnis restoran kurang menyadari bahwa mereka membutuhkan tim yang kuat serta terpercaya untuk bisa menjalankan usaha tersebut. Alhasil, mereka pun berpikir bahwa harus benar-benar terjun dalam mengurus segala hal yang ada. Namun sayangnya, tidak semuanya berhasil membagi pikirannya untuk mengurus tiap-tiap urusan yang ada.

Sebelum memutuskan untuk membuka cabang, cobalah pikirkan apakah cabang restoran tersebut bisa berjalan tanpa partisipasi Anda secara langsung dan terus menerus? Hal ini mengingat Anda pun harus tetap berpartisipasi dalam menjalankan restoran yang sudah ada sehingga tidak terjadi kegagalan atau kemunduran akibat kurangnya pengelolaan yang baik

  • Kondisi pasar dan lingkungan

Katakanlah Anda sudah menentukan dimana lokasi yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan cabang restoran. Maka pertimbangan selanjutnya adalah bagaimanakah kondisi pasaran di sekitar area lokasi tersebut? Apakah cukup besar dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan?

Untuk mengetahuinya, lakukanlah riset terlebih dulu tentang kondisi pasaran yang ada. Kunjungi area tersebut dan tanyakan pada pemilik toko lokal serta calon pelanggan di area tersebut tentang kondisi pasaran, hingga keadaan kompetitor. Pastikan bahwa lokasi yang baru ini berada cukup jauh dari lokasi pertama sehingga tidak saling berebut pelanggan. sinergy eco racing


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar