Ornamen Pagar Masjid dari Tanaman Hias

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2018-01-16 14:48:46 | Kategori : umum , | Komentar : 0

Pagar merupakan salah satu bagian penting bagi suatu bangunan tak terkecuali masjid. Kebanyakan masjid menggunakan pagar yang mengitari wilayah masjid. Pagar-pagar tersebut juga perludihiasi dengan ornamen pagar masjid yang indah guna menambah nilai estetika dari arsitektur masjid tersebut. Setiap masjid memiliki rancangan tersendiri untuk memperindah pagar. Berbagai bahan dan komponen digunakan untuk menghias dan pempercanti madian terluar dari bangunan tersebut. Tinggi dan rendahnya pagar masjid juga beragam disesuaikan dengan besar dan luas dari masjid tersebut. Semakin besar masjid, maka biasanya semakin tinggi pagar yang mengitarinya. Tetapi ada beberapa masjid yang tidak memiliki pagar dan sebagai gantinya, halaman masjid tersebut dibuat sangat luas.

Masjid-masjid yang menggunakan pagar memiliki konsep tersendiri dalam menghias pagar yang mengelilingi bangunan utama. Berbagai komponen dari besi, kayu, keramik hingga marmer adalah yang biasa digunakan untuk membangun sebuah pagar masjid. Komponen tersebut biasa ditambahkan dengan hiasan-hiasan. Salah satu ide unik untuk hiasan adalah dengan menggunakan ornamen pagar masjid yang terdiri dari tanaman hias. Biasanya tanaman yang digunakan adalah jenis tanaman rambat yang memerlukan obyek tertentu untuk tumbuh. Tanaman rambat seperti Soapwort, Lipstic Plant, Hosta, dan lain sebagainya sering kali digunakan untuk menghias suatu pagar karena warna-warnanya yang indah. Penggunan tanaman rambat ini mendukung suatu masjid yang dibangun menggunakan konsep ramah lingkungan.

Cara membuat hiasan dari tanaman rambat ini tidak susah, akan tetapi memerlukan kesabaran dan memakan waktu yang agak lama. Pertama, kita harus menanam tanaman tersebut dari bagian bawah dan merawatnya hingga tanaman tersebut tumbuh merambat dan akhirnya dapat menghiasi pagar masjid. Perawatan kanjutan juga diperlukan untuk memastikan pagar masjid tetap terlihat rapih tanpa ada dahan atau batang tanaman rambat yang tumbuh dengan tidak teatur. Penggunaan tanaman rambat sebagai ornamen pagar masjid adalah solusi yang tepat untuk masjid yang menginginkan konsep kesederhanaan dan membuatnya lebih menyatu dengan alam. Tanaman rambat juga biasanya akan menghadirkan bunga-bunga indah yang dapat memberikan perasaan tenang dan tentram yang menjadi suasana yang lazim dirasakan oleh setiap umat Muslim saat datang mengunjungi masjid.

jual karpet masjid


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar