Tata cara sholat dhuha 4 rakaat

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2018-01-07 01:27:04 | Kategori : umum , | Komentar : 0

Tata cara sholat dhuha 4 rakaat adalah salah satu cara untuk menjalankan shakat duha yang termasuk ibadahh umat islam yang bersifat sunnah atau jika dijalankan mendapatkan seribu manfaat namun jika tidak dilaksanakan tidak akan mendapatkan dosa berbeda dengan ibadah shalat 5 waktu yang bersifat wajib yakni harus dilaksanakan setiap harinya dan jika tidak dilaksananakan maka akan mendapatkan dosa besar. Shalat duha memiliki waktu tepat yaitu harus dilakukan pada waktu pagi hari pukul 07.00 sampai pukul 11.00 atau adzan shalat dzuhur selain waktu waktu itu shalat duha tidak dapat dilakukan oleh sebab itulah semua umat muslim harus tepat waktu untuk dapat menjalankan shalat duha terebut.

Shalat dhuha memang memiliki banyak sekali fungsi namun fungsi yang sering kali digunakan yakni memanjatkan doa agar rejeki manusia bisa dekat atau mendapatkan lebih banyak oleh karena itulah sudah banyak orang yang menerima mukjizat dari Allah SWT ketika melakukan shalat duha dengan cara ikhlas istiqomah hanya pada Allah SWT. Pada umumnya shalat duha memiliki 2 rakaat namun banyak hadis yang menyatakan rasullah dahulu pernah menjalankan shalat duha sebanyak 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, 12 rakaat namun pada dasarnya shalat tersebut tetap memiliki 2 rakaat sebab nabi Muhammad juga sempat menyuruh umatnya untuk berpuasa 3 kali dalam sebulan, shalat duha 2 rakaat, serta menjalankan shalat witir.

tata cara sholat dhuha 4 rakaat

tata cara sholat dhuha 4 rakaat pada umumnya sebenarnya sama dengan tata cara shalat biasa namun yang membuat berbeda yaitu jumlah rakaatnya serta doa doanya saja karena pada shalat duha menggunakan 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, 12 rakaat sesuai dengan kebutuhan kaum muslim yang menginginkan sesuatu. Berikut yakni tata cara shalat duha 4 rakaat:


1. Membaca niat dalam hati

membaca niat dalam hati sangatlah penting sebab jika ingin shalat kita di jamah oleh allah maka harus memanjatkan doa dengan tulus ikhlas istiqomah hanya kepada Allah SWT.

2. membaca surat surat pendek yang ada dalam Al Quran

Membaca surat surat pendek yag ada di dalam Al quran seperti membaca surat al fatihah, membaca surat al falaq, membaca surat an nas, membaca surat al kafirun, membaca surat asy syamsi, dan masih banyak lagi surat surat pendek yang terdapat pada kitab Al quran.

3. membaca doa setelah shalat duha

Setelah melakukan shalat duha kaum muslim dapat membaca doa sesudah menunaikan ibadah shalat duha serta dapat juga menambahkan membaca dzikir sesudahnya lalu ditambah lagi membaca surat surat pendek al quran. Sebab orang orang yang melakukan shalat duha dengan baik dan benar maka pintu surga akan terbuka lebar untuknya pada saat kematian datang serta dibangunkan rumah atau istana di dalam surga untuk dirinya tersebut oleh Allah SWT.

4. ulangi rakaat pertama

Ulangi rakaat pertama berulang ulang sampai 4 rakaat namun setiap rakaatnya diakhiri dengan bacaan salam satu kali insya allah shalat duha yang dilakukan umat muslim akan diterima oleh sang pencipta alam yakni Allah SWT.

Demikianlah artikel tentang tata cara sholat dhuha 4 rakaat semoga bermanfaat bagi umat muslim di seluruh dunia serta semoga dapat senantiasa menjalankan shalat duha secara rutin dan tepat waktu.

https://www.boombastis.com/kisah-keajaiban-shalat-dhuha/108610


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar