Pentingnya Mainan Edukatif Bagi Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Oleh : dbirlando-blog | Tanggal : 2017-12-27 11:23:14 | Kategori : umum , | Komentar : 0

Proses belajar sambil bermain adalah kegiatan yang perlu dilakukan anak – anak usia dini. Saat memperkenalkan anak pada angka, guru dan orangtua perlu mengemasnya menjadi menyenangkan dengan media pembelajaran berupa mainan edukatif seperti Kereta Angka. Kereta angka adalah mainan berbentuk kereta api beruntai yang di atas 12 gerbongnya terdapat angka – angka. Mainan ini sangat aman karena terstandar SNI dan dibuat melalui 3 tahapan oleh perusahaan terpercaya PT. Mustika Cendekia Negeri. Harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal, yaitu hanya Rp 160.000,00 untuk satu paket. Karena bisa digerakkan, mainan ini juga bisa melatih kemampuan motorik anak.

Proses finishing Kereta Angka dilakukan dengan cat non toxic sehingga setelah jadi mainan ini tidak membahayakan anak. Selain itu, ukurannya yang pas dengan anak yaitu 42 cm x 10 cm sangat sesuai untuk beberapa metode pembelajaran interaktif dua arah. Sebagai mainan edukatif yang menyenangkan, Kereta Angka bisa dipadupadankan dengan mainan lain dalam penerapannya. Tidak hanya di sekolah, produk tersebut juga dapat digunakan sebagai teman bermain di rumah. Anak akan bisa lebih mengintegrasikan angka – angka yang baru dikenalnya dalam berbagai aspek kehidupan jika mereka mempelajari di rumah dan sekolah sekaligus. Warna – warni ceria pada media pembelajaran visual – kinestetik ini membuat anak lebih tertarik untuk memainkannya.

Mainan edukatif lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk materi matematika anak – anak adalah Kereta Sirkus. Berbeda dengan Kereta Angka yang membawa nomor – nomor tertentu, produk ini menjadi “rumah” bagi bangun ruang 3 dimensi aneka warna. Bentuknya balok dengan jeruji dan roda serta lubang – lubang untuk memasukkan potongan – potongan kayu. Potongan kayu yang dibuat warna – warni tersebut khusus menunjukkan macam – macam bangun ruang seperti kubus, tabung, dan prisma tegak segitiga. Dengan harga Rp 195.000,00 mainan ini sudah bisa dimiliki orangtua atau guru yang ingin memperkenalkan konsep bangun ruang secara konkrit pada usia anak yang masih dini.

Bahan Kereta Sirkus adalah kayu atau MDF yang dihaluskan seluruh permukaannya sehingga setiap bagian potongan sudut tidak tajam. Karena sudah mengantongi SNI, maka orangtua tidak perlu khawatir saat anak memainkan sendiri mainan edukatif tersebut. Jenis cat yang digunakan adalah finishing non toxic. Sementara itu, ukuran produk ini adalah 25,5 cm x 16 cm x 14 cm. Selain memperkenalkan anak pada jenis – jenis bangun ruang, Kereta Sirkus juga bisa digunakan sebagai media pengenalan benda – benda yang bergerak serta jenis alat transportasi seperti kereta. Dengan demikian, orangtua atau guru akan bisa melakukan banyak skenario pembelajaran yang menyeluruh dengan memanfaatkan alat peraga edukatif ini. Proses memasukkan potongan kayu ke masing – masing lubang sorter juga akan meningkatkan kemampuan klasifikasi bagi anak. 


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar