Aldin Ardian, ST, MT

  aldin ardian tambang

Formula Penetapan Harga Patokan Mineral Logam

Oleh : aldinardian-blog | Tanggal : 2015-07-30 11:04:05 | Kategori : Pertambangan Umum , | Komentar : 3

Pada tanggal 27 April 2015 telah ditandatangani Peraturan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Nomor : 630.K/32/DJB/2015 Tentang Formula Penetapan Harga Patokan Mineral Logam oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bapak Dr. Ir. R. Sukhyar.

Harga Patokan Mineral (HPM) logam mengacu pada publikasi harga mineral logam yang berlaku secara internasional yaitu :

a.     London Metal Exchange (LME)

b.     London Bullion Market Association (LBMA)

c.      Asian Metal (AM)

d.     Indonesia Commodity Derivatives Exchange (ICDX)

Berdasarkan harga internasional tersebut maka disesuaikan dengan kadar, faktor koreksi, faktor rekoveri, maupun biaya pengolahan berdasarkan formula yang telah ditetapkan dalam Perdirjen Minerba tersebut akan dihasilkan harga komoditas mineral logam tersebut.

Dalam peraturan yang memiliki 11 pasal tersebut, terdapat 38 komoditas mineral wajib dijual seharga hasil perhitungan berdasarkan formula tersebut atau lebih mahal. Tidak diijinkan menjual komoditas yang telah dipatok formula harganya lebih murah dari formula tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak pada penerimaan yang diterima oleh Negara.

Dalam pengawasannya, pemegang IUP Operasi Produksi mineral logam dan/atau IUPK Operasi Produksi mineral logam wajib menyampaikan laporan setiap bulan mengenai pelaksanaan penjualan. Pada laporan tersebut memuat paling tidak harga jual, volume penjualan, kualitas komoditas, titik serah terima, biaya penyesuaian dan Negara atau daerah tujuan penjualan, yang dilengkapi dengan salinan dokumen/bukti pendukung (invoice, Bill of Loading atau certificate of weight, sertifikat hasil analisis kualitas mineral logam, time sheet pengapalan, dll).

Telah saya salin formula tersebut dalam bentuk excel untuk memudahkan perhitungan harga komoditas, jika teman-teman membutuhkan formula tersebut dalam bentuk excel silahkan download pada link yang tersedia di bawah artikel ini.

File Unduhan :

» Excel Formula HPM

Komentar


comments_avatar
Chori Nopianto
2020-12-15 10:08:29

Perhitungan CF ada disini sudara. 12. KepMen ESDM 2946_30_MEM_2017 (29 Agust 2017) tentang Formula Penetapan HPM Logam



comments_avatar
Jefry
2019-04-30 10:44:22

bang mau tanya, untuk dapat kan nilai CF dari mana ya?


medium_content
aldinardian-blog
2019-06-29 17:24:32

Detail perhitungannya saya juga kurang tahu. Tapi yang jelas itu correction factor untuk menilai HPM berdasar harga metal resmi (LME) USD/tonne.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar