Aldin Ardian, ST, MT

  aldin ardian tambang

Manajemen Proyek (Network Planning)

Oleh : aldinardian-blog | Tanggal : 2015-12-15 23:52:05 | Kategori : Materi Kuliah , | Komentar : 11

Sebelum mengerjaan suatu kegiatan alangkah lebih baiknya bila telah direncanakan secara matang terlebih dahulu. Bila jenis kegiatan yang akan dikerjakan tergolong kecil, membutuhkan waktu yang sedikit, dan tidak melibatkan banyak individu maupun instansi maka perencanaan sederhana dalam selembar kertas ataupun hanya diingat dalam kepala dapat dikatakan cukup. Lain lagi bila kegiatannya kompleks, misal perencanaan pembangunan pabrik peremuk atau pembuatan dokumen perijinan, maka perencanaan yang bersifat detail dan terperinci merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Salah satu alat (tool) dalam manajemen proyek adalah network planning. Berikut ada beberapa definisi network planning yang saya dapat dari berbagai pustaka:

  1. Network Planning merupakan sebuah alat manajemen yang memungkinkan dapat lebih luas dan lengkapnya perencanaan dan pengawasan suatu proyek. (Soetomo Kajatmo, 1977).
  2. Network Planning adalah salah satu model yang digunakan dalam penyelanggaraan proyek yang produknya adalah informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang ada dalam network diagram proyek yang bersangkutan. (Tubagus Haedar Ali, 1995).
  3. Network Planning pada prinsipnya adalah hubungan ketergantungan antara bagian-bagian pekerjaan (variabel) yang digambarkan/divisualisasikan dalam diagram network. (Sofwan Badri, 1997).

Kemudian pertanyaan berlanjut, apa sih kegunaan network planning? Secara umum kegunaan network planning adalah untuk mengelola kegiatan. Berikut poin-poin detail kegunaan tool network planning :

a.     Memberikan perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian kegiatan menyeluruh.

b.     Dapat memperkerikan waktu, biaya, serta sumberdaya yang diperlukan.

c.     Sebagai dokumentasi proyek.

d.     Mengetahui kegiatan kritis.

e.     Sebagai alat komunikasi data, masalah, dan tujuan proyek.

Untuk membuat Network Planning data-data yang diperlukan adalah:

  1. Mengetahui jenis-jenis pekerjaannya, dan prasyarat apa yang diperlukan untuk memulai pekerjaan atau kegiatan tersebut, dan kegiatan apa yang dapat dilakukan setelah pekerjaan tersebut selesai.
  2. Taksiran waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan masing-masing pekerjaan. Jika pekerjaan tersebut tergolong baru, maka dapat dilakukan perkiraan dengan diberikan waktu lebih (slag).
  3. Biaya yang diperlukan masing-masing kegiatan dan biaya yang diperlukan untuk mempercepat pekerjaan tersebut.
  4. Sumberdaya yang diperlukan pada masing-masing pekerjaan (Tenaga, bahan bakar, peralatan dan perlengkapan, dll).

Kemudian setelah didapat data yang diperlukan, kita dapat membuat diagram Network Planning dengan aturan-aturan sebagai berikut :

  1. Setiap kegiatan dinyatakan oleh satu anak panah.
  2. Tidak diperbolehkan adanya dua kegiatan dengan peristiwa awal dan akhir yang sama.
  3. Adanya jaminan kebenaran logika ketergantungan kegiatan.
  4. Harus dihindari keadaan yang menggantung.
  5. Harus dihindari keadaan melingkar.

Contoh Soal Network Planning dalam Manajemen Proyek Pembangunan Pabrik Peremuk:

No

Kegiatan Simbol

Kegiatan Yang

Mendahului

Waktu

(Minggu)

1 Start ST - 0
2 Cutting Crusher Station A ST 3
3 Pouring Floor & Conveyor B A 1
4 Designing Crusher C ST 2
5 Building Crusher D C 4
6 Pouring Crusher Base E B 2
7 Installing Conveyor F B 6
8 Curing Crusher G E 2
9 Disassembling & Moving Crusher H D 5
10 Assembling Crusher I F, G, H 4
11 Installing Wire J F, G, H 6
12 Final Test K I, J 1
13 Finishing L K 0
         


Dari diagram diatas diketahui proyek pembangunan pabrik peremuk akan selesai dalam 18 minggu, dengan kegiatan ST-C-D-H-J-K-L merupakan jalur kritis, dimana jalur tersebut tidak boleh ada keterlambatan, bila terjadi keterlambatan maka dapat dipastikan umur proyek akan lebih lama dari 18 minggu.

 


Komentar


comments_avatar
Resliani br girsang
2021-04-08 19:53:24

saya ingin bertanya,maaf saya adalah mahasiswa keguruan.ingin menanyakan mengenai network planning.apasih yang mejadi kegunaan/bagaimana network planning ini dalam membantu pkerjaan pendidikan.


medium_content
aldinardian-blog
2021-11-24 11:39:45

Network planning berguna untuk penjadwalan (timeline) dan menentukan jalur kritis jika ingin mempersingkat waktu projek, apapun projeknya selama ada kegiatan, waktu, dan biaya. Fungsinya hampir mirip Ghant chart namun lebih informatif.


comments_avatar
Jaini
2020-02-29 21:33:19

Bisa tolong buatkan network planning untuk pekerjaan saya?


medium_content
aldinardian-blog
2020-09-28 18:57:00

Kalau pekerjaan serius dan kompleksitas tinggi, mungkin saya belum kompeten. Tapi kalau mau diskusi santai tentang pekerjaan mas Jaini, boleh kita diskusikan.


comments_avatar
Geby Febrila
2020-02-21 21:35:55

Pak ingin bertanya. Apakah ada contoh network planning pekerjaan jalan tapi yang perkerasan lentur


medium_content
aldinardian-blog
2020-09-28 18:55:24

Waah maaf sekali, saya tidak punya template untuk pekerjaan jalan tanah lentur.


comments_avatar
Innokey Arizona tarigan
2019-05-23 14:38:23

Jika terdapat lebih dari satu lintasan kritis apa yang bisa disimpulkan dari situ? dan juga jika lintasan kritis mis:4 listasan semua menghasilkan durasi yang sama, apakah itu normal? terimakasih.


medium_content
aldinardian-blog
2019-06-29 17:28:20

Jika lebih dari 1 lintasan kritis berarti ada lebih dari 1 proses yang harus mendapat perhatian lebih. perhatian digunakan untuk menghindari delay atau ingin mempercepat proyek. Hal tersebut masih tergolong normal, dalam sebuah proyek terdapat lebih dari 1 lintasan kritis. Semakin besar proyek, sangat mungkin lintasan kritisnya lebih dari 1. Makanya, sering proyek besar selesainya molor dari target.


comments_avatar
Arman Jaya
2017-03-01 02:52:04

Nice info mas, bisakah saya mendapatkan referensi untuk konsep tool ini? Saya tertarik umenerapkan ini untuk penelitian thesis saya... terimakasih sebelumnya...


medium_content
aldinardian-blog
2017-04-26 19:25:31

Sementara saya menggunakan referensi dari (Soetomo Kajatmo, 1977), (Tubagus Haedar Ali, 1995), (Sofwan Badri, 1997). Di luar itu saya sering lihat dari berbagai buku dalam maupun luar negeri tapi saya lupa sumbernya. Kemungkinan besar bisa ditemukan di perpustakaan universitas atau toko buku bagian riset operasi (operational research) mas. Good luck!!


comments_avatar
Pakar seo
2016-03-03 13:48:56

Menarik. saya memiliki team untuk proyek dan hal ini sangat saya perlukan. Good info



Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar