Aldin Ardian, ST, MT

  aldin ardian tambang

McGill University

Oleh : aldinardian-blog | Tanggal : 2016-12-31 05:45:03 | Kategori : Campus Life , | Komentar : 4

gambar

Ernest Rutherford dan Justin Trudeau belajar di sini

Sedikit cerita tentang dunia akademis di McGill University. McGill University berdiri sejak 1821, dengan nama sesuai dengan pendirinya yaitu James McGill, pengusaha Inggris yang hijrah ke Montreal. Lebih jauh lagi karena jiwa sosial yang tinggi, 9 tahun setelah kematiannya namanya dijadikan sebagai nama institusi pendidikan di Montreal.

 

McGill Uni menawarkan lebih dari 300 jurusan dalam 12 fakultas, sedangkan Teknik Pertambangan masuk dalam fakultas Mining and Materials Engineering. Teknik Pertambangan McGill Uni menduduki peringkat 13 dunia, dengan peringkat 1 masih diduduki oleh Colorado School of Mine (kampusnya pak Dhe).

 

Sistem orientasi mahasiswa baru di sini menitikberatkan pada pengenalan lingkungan kampus, pengenalan fasilitas kampus, dan acara-acara yang membaurkan mahasiswa baru agar saling berinteraksi (misal: hiking, trivia night, nyicipin minuman alkohol kanada, bersepeda keliling kota). Merokok dilarang di lingkungan kampus, tapi aroma ganja hal yang biasa.

 

Sistem e-learning sudah sangat maju dibanding di Indonesia (UPN dan ITB). Segala informasi kampus, input mata kuliah, pembayaran spp, permohonan transkrip nilai, permohonan penundaan ikut ujian, pendaftaran beasiswa, silabus, pemberian­-pengumpulan tugas, pengumuman dari jurusan/univ, pendaftaran wisuda, print-scan-copy dgn mesin fasilitas kampus, hingga pengajuan asuransi kesehatan sudah terintegrasi pada akun akademik masing-masing mahasiswa.

 

Sistem jabatan dosen di sini berbeda dengan di Indonesia. Untuk meniti karir sebagai dosen di McGill uni atau Kanada secara umum ada 2 jalur yang harus dipilih. Pertama adalah jalur Lectureship yaitu menjadi dosen dengan jam mengajar yang lebih banyak. Kedua adalah Professorship, yaitu dengan jam penelitian 60%, jam mengajar 20%, dan jam administrasi 20%. Profesor bukan gelar akademik, melainkan jabatan. Sehingga, tidak sedikit dosen usia 30 tahunan di Kanada sudah dapat Prof di depan namanya.

 

Alumni McGill Uni telah tersebar di penjuru dunia, yang paling familiar adalah Ernest Rutherford (Peneliti fisika atom) dan Justin Trudeau (Perdana Menteri Kanada sekarang).

 

Sesuai saran pembimbing semester ini saya mengambil 3 mata kuliah yaitu Quantitative Methods (3sks), Mineral Resources Economics (3sks), dan Academic Writing (1sks). Semester depan saya akan mengambil 2 mata kuliah, Mineral Economics (3sks) dan Applied Mineral Economics (3sks). Ada 7 mahasiswa S3 di bawah bimbingan profesor saya (Prof. Mustafa Kumral), 3 orang Turki, 1 orang Peru, 1 orang Italia, 1 orang Kanada, dan 1 orang Indonesia. Rencananya bulan Juli 2017 saya akan melaksanakan Preliminary Oral Exam, dan break bulan Agustus-September 2017 jika ingin pulang Indonesia.

 

Selamat pagi, selamat berkarya, semoga lancar dan berkah.


Komentar


comments_avatar
Aris
2018-09-22 23:02:09

Hallo pak Aldin. Senang sekali ketemu oramg yang sedang belajar di Mcgill. Karna saya berencana untuk kuliah S3 di sana. Namun saya boleh numpang bertanya Pak. Bagaimana cara mendapatkan kontak supervisor di Kampus tersebut. Saya dosen Pendidikan Bahasa Inggris, jadi bidang saya adalah English Language Teaching dan Evaluasi Bahasa Inggris. Kalau berkenan bolehkah meminta email Pak Aldin? sehingga sy bisa bertanya lebih jauh. Maaf merepotkan... terimakasih sebelumnya... :)


medium_content
aldinardian-blog
2018-11-22 23:11:55

Halo mas Aris, senang juga ada yang mau kuliah di McGill. Klo langsung yang dituju mcgill, kontak prof bisa didapat dari web jurusan. Alamat email saya ada di bagian profil blog ini mas ya. Salam.


comments_avatar
Gokma sahat tua Sinaga
2017-08-02 09:36:52

Hai kak, saya tertarik sekali untuk masuk universitas mc Gill ini. Mengetahui jurusan miningnya bisa masuk top 10. Saya punya beberapa pertanyaan: 1. Apakah tinggal di daerah Montreal memerlukan kemampuan bahasa Perancis? 2. Saya dari jurusan fisika murni, apakah akan dilarang untuk masuk jurusan Mining di McGill? Sebelum saya mendaftar 2018.


medium_content
aldinardian-blog
2017-08-28 19:07:29

Halo mas Gokma. Senang sekali kalau ada orang Indonesia ingin kuliah di McGill, karena memang sedikit sekali warga Indonesia di Montreal. Langsung saya jawab ya: 1. Walaupun Montreal memiliki bahasa resmi Perancis, Montreal ada kota pelajar, sehingga bahasa Inggris masih banyak digunakan. Bisa bahasa Perancis dasar pastinya sangat membantu menyatu dengan warga lokal (seperti bisa bahasa jawa jika tinggal di Jogja). 2. Tidak juga, selama penelitiannya masih berbau mining dan sesuai dengan research interest supervisor. link ini juga menerangkan calon mahasiswa dengan background fisika dibolehkan mendaftar; http://www.mcgill.ca/gradapplicants/mining-and-materials-engineering-0. Sukses mas Gokma.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar