Aldin Ardian, ST, MT

  aldin ardian tambang

Certificate of Acceptance of Québec

Oleh : aldinardian-blog | Tanggal : 2016-08-15 11:05:21 | Kategori : Ribet Berkas , | Komentar : 2

gambar

Saya cukup yakin teman-teman yang sedang membaca artikel ini sedang bingung dengan pengurusan CAQ. CAQ atau Cerificat d’Acceptation du Québec atau Certificate of Acceptance of Québec adalah sertifikat atau surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Imigrasi Provinsi Québec sebagai bukti bahwa person yang bersangkutan diterima masuk provinsi Québec. Yups, provinsi ini memang istimewa. Dari 10 provinsi dan 3 teritori di Kanada, hanya Québec sendiri yang memiliki aturan khusus dalam izin masuk. Mungkin karena provinsi ini berbeda dengan provinsi lainnya, karena mayoritas penduduknya (51%) adalah orang Perancis sehingga bahasa resmi provinsi ini adalah Perancis.

Apapun alasannya, karena keharusan memiliki CAQ terutama bagi orang asing yang akan menetap di provinsi Québec lebih dari 6 bulan, masuk provinsi ini sedikit memakan waktu dan biaya. Alangkah baiknya persiapan untuk pengurusan administrasi jika ingin sekolah atau bekerja di Québec minimal adalah 2 bulan. Pengalaman saya, sejak mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dari kampus, saya harus melengkapi berkas – berkas visa. Pada berkas visa pelajar (study permit) yang perlu perhatian lebih salah satunya adalah CAQ (tips pembuatan visa Kanada ada di thread terpisah). Lama pembuatan CAQ bervariasi, lama saya mendapatkan CAQ sejak submit aplikasi pertama kali adalah 23 hari. Sedangkan teman saya mencapai 45 hari.

Langkah pertama sebelum mendaftar aplikasi CAQ, saya sarankan siapkan dokumen yang akan diperlukan agar kita ga perlu cari sana sini pada saat melakukan aplikasi online. Dokumen tersebut adalah:

  1. Paspor aktif
  2. KTP
  3. Pastikan anda mengetahui kontak informasi institusi/universitas yang dituju.
  4. Pastikan anda mengetahui program studi, termasuk kapan mulainya, kapan berakhirnya (rencana), dan biaya (tuition fee).
  5. LoA
  6. Credit Card (Master card, Visa, American Express)
  7. Internet Stabil
  8. Komputer dengan spesifikasi :
  • Microsoft® Internet Explorer® (128 bits) 
    Version 6.0 or 7.0 for Microsoft® Windows® XP or Vista
  • Mozilla Firefox™ (128 bits) 
    Version 2.0 for Microsoft® Windows® XP or Vista, for Linux or for Macintosh OS X.

Situs yang bersangkutan memiliki sistem keamanan akan otomatis menutup sendiri jika tidak aktif dalam 30 menit, maka saya sarankan semua file di atas ada di tangan pada saat pendaftaran.

Jika semua dokumen lengkap, siap membayar biaya pendaftaran CAD110, maka anda siap melakukan pendaftaran online pada situs http://www.immigration-quebec.gouv.qc.ca/en/electronic-services/caq-electronic/index.html. Pilih menu “Fill in a new application” kemudian klik “Begin your application” Ada 11 Halaman yang berisi pertanyaan – pertanyaan.

Sebagai persiapan, berikut saya bahas pertanyaan – pertanyaan yang akan muncul dalam aplikasi online pembuatan CAQ.

  1. Personal Information

Berisi pertanyaan tentang nama, jenis kelamin, status pernikahan, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, dan bahasa utama atau bahasa ibu. Entah kenapa bahasa Indonesia tidak ditemukan di sini, jadi saya pilih “Javanese”.

Gambar 1. Halaman 1 Form Pengajuan CAQ

 

  1. Contact Information

Berisi pertanyaan tentang alamat, no kontak, email, dan bahasa yang digunakan untuk korespondensi (English/French).

  1. Accompanying Persons

Berisi pertanyaan tentang jumlah person yang akan menemani kita selama di sana. Kemudian lengkapin informasi tentang orang tersebut, nama, tempat tanggal lahir, hubungan dengan anda, dan alasan selama di Québec.

  1. Program of Studies

Berisi pertanyaan tentang nama program studi, kapan dimulai dan diakhiri, SPP tahunan,

  1. Educational Institution

Berisi pertanyaan tentang nama institusi pendidikan.

  1. Additional Information

Berisi pertanyaan apakah sudah pernah memiliki CAQ, jika sudah ada pertanyaan tentang nomor CAQ, tanggal dimulai dan berakhirnya studi pada CAQ sebelumnya, dll. Juga pertanyaan tentang dimana anda akan melakukan pengajuan aplikasi Visa, centang pada kategori yang sesuai (apakah warga Amerika, pengajuan visa dari dalam Kanada, atau di luar Kanada. Kemudia pilih kota pengurusan Visa.

Gambar 2. Halaman 6 Form Pengajuan CAQ

  1. Financial Information

Jika diperlukan, maka lembar ini berisi pertanyaan tentang informasi pendanaan.

  1. Authorizations

Berisi pertanyaan tentang kesediaan anda untuk memberikan informasi anda kepada pihak ketiga, seperti orang tua.

  1. Verification of Information Provided

Lembar ini hanya berisi summary dari jawaban – jawaban yang telah anda berikan. Koreksi bila diperlukan atau ada jawaban yang tidak sesuai.

  1. Consultation Profile

Lembar ini seperti halnya kita membuat akun. Maka kita wajib mengisi username, password, dan security question.

  1. Payment

Pada lembar ini kita melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

  1. Download of the Forms to be Sent

Lembar terakhir ini kita akan diarahkan untuk mendownload form yang wajib kita isi tentang informasi kita dan tanda tangan wali kita. Kemudian kita kirim ke Ministère de l'Immigration, de la Diversité et de l'Inclusion du Québec.

 

Jangan lupa untuk mengirim LoA dan Scan Paspor bersama dalam satu amplop dengan Form (No.12) yang didownload.

 

Kira – kira setelah menunggu 23 hari (kasus saya), CAQ keluar dalam bentuk softcopy. Sekitar 1,5 bulan kemudian, hardcopy CAQ saya sampai di alamat yang saya input pada pengajuan CAQ. Saran saya, setelah mendapat LoA sebaiknya sesegera mungkin mengurus CAQ. Dalam hal imigrasi, pengurusan CAQ yang paling memakan waktu.

 

Good Luck!!


Komentar


comments_avatar
Prananda
2016-09-01 04:50:43

makasih ya mas infonya, kalau ngurus paspor kira2 kena berapa ya? http://www.kolomedukasi.com


medium_content
aldinardian-blog
2016-11-10 19:55:23

Hai Prananda. Untuk mengurus paspor dilakukan di kantor imigrasi, biayanya IDR300 ribu. Berikut saya lampirkan link syarat pembuatan paspor : http://imigrasijogja.org/pages/read/paspor-biasa terima kasih


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar