Pengalaman Odontectomy dengan Dry Socket-nya

Oleh : rifki-blog | Tanggal : 2015-03-21 23:12:43 | Kategori : Campur-campur , | Komentar : 0

Masalah gigi adalah hal sepele namun bisa berakibat fatal bagi penderita. Mulai dari gingivitis, berlubang, sampai dengan masalah gigi geraham bungsu.  Disini saya akan berbagi pengalaman dengan si bungsu yang bermasalah. 
Selama hampir 1 tahun saya mengalami pusing/migren sebelah yang hebat, leher tegang, pundak pun terasa pegel. Otomatis saya minum obat pereda sakit namun tidak kunjung hilang tuntas secara berkala timbul rasa pusing hebat. Saya mencoba periksakan ke laboratorium ternyata hasilnya bagus. Kemudian disarankan untuk ke dokter gigi oleh dokter yang memeriksa hasil lab dan saya melakukan rontgen gigi panoramic. 
Keesokan harinya saya datang ke spesialis bedah mulut untuk konsultasi. Hasil konsultasi dokter mengatakan harus dilakukan Odontektomi untuk mengambil si bungsu. Mendengar istilahnya saya langsung keringet dingin. Memang saya amati posisi gigi bungsu saya masuk dalam kategori "horizontal impaction". Tanpa berpikir panjang saya langsung menerima saran dokter untuk OD.
Odontektomi (OD) adalah operasi kecil untuk mengangkat gigi impaksi. Sebelum dilakukan pencabutan, gigi yang impaksi perlu di foto rontgen terlebih dahulu untuk memeriksa bentuk dan posisi gigi pada tulang rahang. Setelah gigi bungsu yang bermasalah dicabut, biasanya keluhan-keluhan akibat gigi bungsu akan hilang. Operasi berlangsung selama 30 menit mulai dari pembiusan, pembedahan minor, pengeboran tulang rahang dan gigi serta penjahitan. Biasanya pasca OD akan mengalami pembengkakan dan keterbatasan membuka mulut. Dan puncak dari pembengkakan bisanya terjadi pada hari ke 3-4 pasca operasi. 
Masa penyembuhan diprediksi sekitar 1-2 minggu jika tidak ada komplikasi. Tetapi ternyata saya salah satu pasien yang kurang beruntung. Saya mengalami namanya Dry Socket yaitu komplikasi kecil akibat tidak terbentuknya gumpalan darah sehingga penyembuhan sedikit terhambat. Dry socket ini disebabkan oleh beberapa kasus antara lain :
1. Meludah atau mengisap-isap pasca operasi 
2. Merokok sebelum 2x 24jam pasca operasi
3. Makan makanan yang keras dan merusak daerah jahitan
4. Darahnya sedikit waktu dioperasi sehingga peluang terjadinya gumpalan darah juga kecil.
 
Tetapi jangan kawatir, dry socket bisa sembuh dengan sendirinya hanya saja memakan waktu agak lama. Saya sendiri yang telah merasakan komplikasi itu dan membutuhkan waktu 1 bulan untuk sembuh. Kasus yang menimpa setiap orang berbeda-beda. Tidak semua orang mengalami komplikasi itu jadi jangan khawatir jika hendak melakukan odontektomi. Lebih baik menderita beberapa minggu dari pada menderita terus menerus karena posisi gigi yg impaksi. 
Untuk membantu perawatan saya melakukan kompres air dingin pada 2x24jam pertama habis operasi dan selebihnya air hangat untuk melancarkan peredaran darah. Obat-obatan juga wajib diminum sesuai petunjuk dokter. Biasanya dokter memberi antibiotik, anti inflamasi (radang). Makan yang lembut dan lunak dahulu agar tidak banyak aktifitas di dalam mulut yang bisa mengganggu proses penyembuhan.
Jangan lupa untuk senantiasa kontrol ke dokter hanya memastikan perkembangan penyembuhan anda sudah benar dan "on the right track".
Harga operasi OD bervariasi antara 1-2 juta tergantung tingkat kerumitan posisi gigi. 


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar