Lima Jadi

Oleh : herucr-blog | Tanggal : 2016-02-16 20:41:51 | Kategori : Rupa rupa , | Komentar : 0

gambar

Salah satu mainan masa remaja saya dengan teman teman kampung, SMA hingga S-1 adalah LimaJadi. Mainan ini dilakukan oleh dua orang pada suatu buku ‘cacahgori’ atau suatu kertas yang digaris garis secara vertikal dan horisontal hingga menyerupai matrik dengan ukuran besar. Secara bergantian, pemain pertama memberi tanda silang dan pemain kedua memberi tanda lingkaran pada kotak dalam matriks tersebut, hingga terbentuk lima sel berturutan. Siapa yang pertamakali membentuk rangkaian 5 kotak berturutan baik vertikal, horisontal maupun diagonal akan menjadi pemenang.
Permainan tersebut menjadi inspirasi waktu saya kuliah di program studi ilmu komputer. Kalau kemudian dibuat programnya bagaimana yaa…… Akhirnya dengan berbekal matakuliah AI dan pemrograman terstruktur, dibuat suatu permainan LimaJadi. Dengan Bahasa pemrograman Pascal yang sudah bisa object oriented (waktu itu menggunakan Turbo Pascal 5.5) jadilah program LimaJadi, yang juga sudah menggunakan GUI.
Yang berbeda adalah, program Limajadi ini tidak dimainkan oleh 2 orang, namun dimainkan oleh 1 orang melawan komputer. Model pemikiran cukup sederhana, yaitu untuk masing masing kotak yang masih kosong dihitung score-potensi-jadi nya. Kotak dengan score tertinggi lah yang akan ditandai. Model ini belum dikembangkan metode pemikirannya, strategi permainannya (offensive dan defensive), tingkat kesulitannya (level beginner, expert), dll.
Perubahan pernah dilakukan pada tahun 2003, yaitu melakukan migrasi dari Turbo Pascal menjadi Borland Delphi. Bila Anda ingin bermain Limajadi, bisa download program Limajadi di sini. Sekalian buat sedikit refreshing…..


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar