Argumen polisi Plat nomor putih tidak berlaku tahun ini

Oleh : ellen-blog | Tanggal : 2021-08-29 23:38:51 | Kategori : | Komentar : 0

Peraturan untuk mengganti plat nomor pribadi dari hitam putih menjadi putih dan hitam telah disahkan sejak 5 Mei, tetapi belum dilaksanakan tahun ini. Korlantas Polri memberikan beberapa alasan untuk itu.

Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Chairuddin menjelaskan pertimbangan pertama anggaran negara untuk pengadaan plat nomor baru yang berbeda warna dengan sebelumnya.
Lihat juga:


Tarif ganti plat nomor menjadi putih, berlaku tahun depan

Dia mengatakan anggaran untuk itu diajukan tahun ini untuk digunakan tahun depan. Menurut kesaksian Taslim, pihaknya telah menganggarkan 21 juta pasang plat nomor putih.

Jumlah ini dihitung dari total jumlah kendaraan di Indonesia yang mencapai 141 juta unit, dengan penambahan 6 juta unit setiap tahunnya.

Pertimbangan pertama adalah prinsip Korlantas mengikuti prinsip keuangan publik, jadi tahun ini rencananya akan digunakan tahun depan, kata Taslim, seperti dikutip Antara.

 

Pertimbangan kedua adalah untuk terlebih dahulu membagikan sisa stok plat nomor hitam

. Sehingga anggaran tidak terbuang percuma.

Pertimbangan ketiga menyangkut penerimaan negara tidak kena pajak (PNBP). Pembuatan plat nomor sudah ditetapkan sebagai PNBP di kepolisian, sehingga pemerintah kota harus membayarnya.

Menurut Taslim, karena adanya kewajiban tersebut, maka pertukaran akan dilakukan secara bertahap sehingga tidak terlalu memberatkan masyarakat. Dia menjelaskan, penggantian nomor hitam dengan nomor putih terjadi secara bertahap, dimulai dengan kendaraan yang baru terdaftar, diikuti dengan pembaruan pelat nomor yang telah habis masa berlakunya selama lima tahun.
Lihat juga:
Polisi mendapatkan 21 juta plat nomor putih

“Kalau masa berlakunya belum habis, Pemkot wajib membayar PNBP, kalau dibebani dengan rasa kasihan, masa manfaat TNKB itu lima tahun, kalau cuma dua tahun rugi.” kata Taslim.

Taslim mengatakan, penggantian plat nomor akan dimulai tahun depan.

Aturan penggantian plat putih diatur dalam Peraturan Polisi Nomor 7 Tahun 2021 yang mulai berlaku pada 5 Mei. Aturan ini menggantikan Ordonansi Nomor 5 Kapolri Tahun 2021.

Lihat Juga

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar