Samsung ingin memproduksi chip 5nm untuk mobil listrik self-driving

Oleh : ellen-blog | Tanggal : 2023-04-06 15:53:52 | Kategori : INFORMASI , | Komentar : 0

Samsung akan membuat chip Ambarella 5nm baru untuk mobil self-driving. Perusahaan Korea mengumumkan akan memproduksi CV3-AD685 SoC (system-on-a-chip), yang akan berfungsi sebagai pengontrol domain AI inti untuk mobil otonom. Menurut Android Headlines, beberapa pemasok otomotif "Tier 1" sudah merencanakan produk berdasarkan SoC yang akan datang.

Samsung ingin memproduksi chip 5nm untuk mobil listrik self-driving

Ambarella adalah perusahaan desain semikonduktor fabless yang berbasis di California. Ini merancang dan mengembangkan chip semikonduktor yang digunakan dalam berbagai produk elektronik, termasuk mobil otonom, robot, dan lainnya. CV3-AD685 adalah versi produksi pertama dari keluarga CV3-AD pengontrol domain AI inti untuk mobil yang dapat mengemudi sendiri. Ini adalah chip 5nm dengan CPU ARM Cortex-A78AE dan R52. Ambarella memasangkan CPU dengan GPU otomotif dan modul keamanan perangkat keras (HSM).

Dirancang khusus untuk ADAS (Advanced Driver Assistance Systems), CV3-AD685 juga mengintegrasikan pemrosesan gambar canggih

, stereo padat, dan mesin aliran optik. Mesin AI CVflow generasi berikutnya dari Ambarella mencakup pemrosesan jaringan saraf yang "20x lebih cepat" daripada solusi generasi sebelumnya (SoC CV2). Selain itu, chipset baru ini juga mendapat manfaat dari "kemampuan pemrosesan vektor umum dan vektor saraf" yang memungkinkan segalanya mulai dari visi komputer dan radar pencitraan 4D, hingga fusi sensor dalam dan perencanaan jalur, hingga pemrosesan batch untuk penggerak otonom penuh (AD).

Baca juga:
Dilengkapi dengan pembangkit listrik yang ramah lingkungan, China mampu memenuhi kebutuhan listrik hampir seluruh warganya

Chipset ini "mengutamakan algoritme" dan memungkinkan "penggabungan informasi dari beberapa sensor untuk penggerak otonom berperforma tinggi dari L2+ ke L4". Singkatnya, Ambarella telah mengembangkan SoC yang dapat membuka jalan bagi berbagai solusi mengemudi berbantuan. Namun, karena Ambarella adalah perusahaan yang luar biasa, ia tidak memiliki fasilitas manufaktur semikonduktor. Oleh karena itu, perusahaan menugaskan Samsung untuk memproduksi SoC CV3-AD685.

 

Baca Juga :

https://balitteknologikaret.co.id/


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar