Roadmap Sistem Logistik Nasional

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2021-05-16 00:28:53 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

Melalui program Kampus Merdeka dari Diklat Kerja Anda bisa mempelajari banyak hal dalam bidang bisnis, termasuk supply chain management system. Bersama dengan BK Teknik Industri PII (BKTI-PII), Diklat Kerja membuat pelatihan dalam beberapa sesi.

Sistem Logistik Nasional

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem logistic memiliki peranan penting agar semua kegiatan operasional produksi dapat berjalan lancar. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifivitasnya, maka penggunaan platform berbasis teknolog bisa sangat membantu. Ada ulasan menurut Kampus Merdeka seperti:

  1. Roadmap Pembangunan Sistem Transportasi Nasional

Kementerian Perhubungan memiliki visi untuk mewujudkan konektivitas yang handal dan memiliki daya saing tinggi. Oleh karena itu, untuk mewujudkan misi tersebut maka diperlukan peningkatan kinerja pelayanan jasa transportasi, aksesibilitas, dan integrase antar moda di berbagai wilayah.

Penguatan di jalur logistic nasional sangat diperlukan untuk merajut konektivitas antar wilayah sehingga perekonomian regional bisa lebih efektif dan efisien. Setidaknya terdapat lima rute jalur perhubungan untuk angkata laut yang harus terintegrasi dengan jalur darat maupun udara.

  1. Platform Supply Chain Logistic

Dalam rangka meningkatkan efisiensi pasokan logistic di industry 4.0, maka diperlukan platform digital yang berkaitan dengan business model dan manufacturing digital product. Negara lain seperti Jepang dan Singapura bahkan sudah membicarakan industry 5.0.

Semua kegiatan yang terintegrasi dan tersistem dengan platform digital yang ada, harus memiliki value added atau nilai tambah. Dalam membangun suplly chain management system, maka desain dari smart logistic system yang dibuat harus terintegrasi dengan semua alur proses rantai pasokan.

  1. Mambangun Rantai Pasok Berbasis Platform

Dalam pengiriman logisitik secara nasional masih didominasi dengan penggunaan angkutan truk sebanyak 94%. Sayangnya, dari 7,5 juta truk yang beredar ternyata baru 4,5 juta truk yang terregister. Belum lagi umur truk di atas 20 tahun yang lebih banyak menjadi tantangan tersendiri.

Rantai pasok yang bebasis platform digital bisa membantu untuk mengontrol semua proses pengiriman dengan mudah sehingga bisa men-tracking posisi suatu barang.

Tren kedepan akan banyak perubahan bisnis model, isu lingkungan, dan peningkatan utilitas yang harus diperhatikan. Bagaimana mengatasinya? Jawabannya bisa Anda dapatkan dengan mengikuti pelatihan dari program Kampus Merdeka.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar