No Judul Karya Deskripsi Singkat
1 Pengembangan Integrasi Data CBIS (Computer Based Information System) Akademik Dengan Replika Pangkalan Data DIKTI UPN ‘VETERAN’ YOGYAKARTA Menggunakan Web Services Pelaporan secara berkala data-data akademik ke DIKTI menjadi rutinitas institusi yang wajib dikerjakan. Dokumen akademik yang sangat beragan dan bervariasi menjadikan sebuah kendala untuk dapat dikirim melalui mekanisme sistem teknologi. DIKTI memiliki sistem yang sudah fixed yang disosialisasikan ke setiap instansi pendidikan dibawah DIKTI. Untuk mengurai permasalahan yang ada, penelitian ini membuat seuatu jembatan perantara yang mempermudah proses pengiriman data dari instansi terkait ke DIKTI. Alur yang panjang mulai integrasi semua CBIS dalam satu database, mapping, proses insert, update, delete, dan sinkronisasi akhir. Penelitian ini memanfaatkan teknologi web service dimana web service memiliki keunggulan dapat bekerja multi platfom sistem operasi. Masing-masing operasi atau modul yang terdiri atas insert, update dan delete dibuatkan model web servicenya sehingga pada saat pengiriman data yang dari instansi ke DIKTI dengan multi platfom tetap dapat dilakukan. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah tools web service yang dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelaporan data akademik ke DIKTI. Tools ini telah digunakan dalam dua tahun terakhir untuk keperluan pelaporan.
2 Kesesuaian Model HOT-FIT Dalam Sistem Informasi E-learning UPN Veteran Yogyakarta E-learning adalah sebuah pembelajaran pada semua tingkatan formal maupun noformal yang menggunakan jaringan komputer baik internet atau intranet untuk pengantaran bahan ajar, interaksi atau fasilitas. Dalam implementasinya, E-learning ini, terdapat tiga variabel yang terlibat yaitu manusia, organisasi dan teknologi yang ada di UPN Veteran Yogyakarta dalam kaitannya dengan evaluasi Sistem Informasi E-learning yang sudah berjalan. Jika faktor-faktor tersebut memiliki korelasi yang baik maka dapat menghasilkan kebergunaan sistem yang baik. Penelitian ini mengukur kesesuaian antara manusia (human), organisasi (organization) dan teknologi (technology) dan menggunakan analisa metode Pearson untuk menentukan ada tidaknya hubungan antara satu atau lebih variabel. Instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan penilaian skala likert 6. Perangkat lunak pengolahan data menggunakan SPSS dengan pengujian korelasi bivariate, regresi linear, dan Uji T. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pengukuran dari variabel-variabel konstruk yang terlibat dalam hubungan HOT-fit sehingga kebergunaan sistem dapat diukur. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan antara variabel manusia, organisasi dan teknologi mempunyai hubungan yang cukup nyata walaupun implementasi e-learning ini belum maksimal. Upaya keselarasan antara manusia, organisasi dan teknologi diperlukan untuk kesuksesan yang lebih baik.
3 Optimalisasi Manajemen Bandwidth Internet Menggunakan Mikrotik CloudCore CC1036 Perkembangan internet dalam hal pengelolaan jaringan khususnya manajemen Bandwidth di sebuah insitusi tentunya berbeda-beda tergantung pada kapasitas Bandwidth yang dihadapkan dengan volume aplikasi dan user yang juga berbeda-beda. Kebutuhan organisasi khususnya dibidang pendidikan dilihat dari student body dari organisasi. Pada institusi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta telah menggunakan layanan internet untuk mendukung proses bisnisnya. Dari layanan internet yang terselenggara saat ini masih banyak yang mempertanyakan berapa alokasi Bandwidth pada suatu satuan kerja. Kebutuhan download bahan ajar atau file dari internet menyebabkan konsumsi Bandwidth menjadi tidak merata sehingga perlu dilakukan optimalisasi manajemen Bandwidth internet dengan menerapkan pengendalian traffic internet dan mengatur alokasi Bandwidth internet secara lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kondisi pengaturan Bandwidth internet sebelumnya dan alokasi Bandwidth dan keamanan jaringan lokal UPN “Veteran” Yogyakarta. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui observasi untuk pengamatan langsung, wawancara untuk identifikasi masalah dan kebutuhan layanan internet serta ketersediaan sumber daya hardware dan software. Hasil dari penelitian ini adalah perbaikan tingkat alokasi Bandwidth kepada satuan kerja di lingkungan institusi dengan perbandingan student body mahasiswa dan staff dengan memanfaatkan Router CloudCore CC1036 dan RB1100 yang telah tersedia sebagai pengatur jaringan sehingga penyerapan Bandwidth di satuan kerja lebih optimal.
4 Optimasi Algoritma Semut untuk Deteksi Foto Tepi Udara Foto udara merupakan citra digital yang berguna untuk memperoleh informasi dari suatu daerah. Informasi diperoleh berdasarkan analisi data obyek menggunakan media atau alat. Informasi ini diproses dengan memanfaatkan teknik pengolahan citra digital. Algoritma semut merupakan algoritma optimasi yang terinspirasi dari perilaku semut dalam mencari makan. Pada umumnya proses penyebaran semut awal pada algoritma semut dilakukan secara acak. Hal ini memungkinkan terjadi ketidakseimbangan distribusi semut yang kemudian mempengaruhi proses penemuan jalur. Optimasi dilakukan dengan cara menyebarkan semut berdasarkan tingkat gradient pada area citra. Langkah yang dilakukan dengan membagi citra menjadi 16 area dengan ukuran sama besar. Bagian yang memiliki gradient tinggi akan mendapatkan pembagian semut yang lebih banyak. Hasil algortima semut akan dibandingkan dengan deteksi tepi konvensional. Proses perbandingan dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil deteksi tepi yang diperoleh. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, optimasi algoritma semut mampu menghasilkan deteksi tepi citra yang lebih detail dan memiliki garis tepi yang lebih tebal dibandingkan menggunakan deteksi tepi konvensional.
5 Sistem Pakar Untuk Menentukan Jumlah Kalori Diet Bagi Penderita Diabetes Mellitus Berbasis Aturan Sistem pakar yang diguanakan untuk diabetesi dengan memasukkan data antropometri dan menghasilkan diet makan
6 Perancangan dan Pengembangan Infrastruktur Jaringan Komputer Dengan Metode Modern Campus Network (UPN "Veteran" Yogyakarta) Perancangan dan pengembangan infrastruktur jaringan komputer dengan metode modern campus network mengadopsi Cisco fundamental system menggunakan tiga lapis yaitu core, distribution dan access. Output ini berupa acuan/map masterplan pengembangan Infrastruktur Jaringan UPN "Veteran" Yogyakarta.
7 Aplikasi Pemilihan Operator Sumur Produksi Menggunakan Fuzzy AHP dan Fuzzy Topsis DI PT. GEOTAMA ENERGI Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap karyawan, melakukan perubahan kriteria,dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan karyawan berprestasi, sehingga akan di dapatkan karyawan yang paling layak ditempatkan menjadi Operator Sumur Produksi.
8 Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi TBC Paru Sistem ini dirancang untuk membantu paramedis dalam mendiagnosa pasien TBC paru. Inputnya berupa beberapa symptoms dan outputnya berupa nama penyakit serta terapinya.