Homologi

Oleh : mitha-blog | Tanggal : 2021-04-02 00:17:32 | Kategori : akademik , | Komentar : 0

Homology

Dalam biologi, homologi memiliki dua arti dari dua bidang sains yang berbeda, tetapi terkait, biologi evolusioner dan genetika. Kata ini diambil dari Belanda / Inggris, yang juga meminjam dari Yunani kuno, μολογειν ("setuju").

Pengertian biologi evolusioner

Bidang biologi evolusi menggunakan homologi sehubungan dengan kesamaan dalam bentuk atau perilaku antara dua jenis, yang memiliki frekuensi umum. Dalam anatomi perbandingan, ada banyak contoh, misalnya "sirip" di depan lumba-lumba, kaki depan singa laut, dan kaki depan pada anjing adalah homologi, karena semuanya berasal dari organ yang sama dengan nenek moyang mereka yang sama .

Sebaliknya, "sirip" dari depan lumba-lumba dan sirip depan ikan disebut sebagai analogi, karena meskipun mereka bekerja sama (untuk kemudi selama berenang di air), tetapi tidak setelah membuktikan dua organ yang dikembangkan nenek moyang yang sama.

Bukti homologis biasanya menggunakan argumen evolusioner (filogeni), fosil hewan yang mirip dengan hewan modern, dan mengembangkan argumen biologis (Ontogeni), dengan meneliti proses pengembangan individu dari zigot ke bentuk-bentuk zigot.

Pengertian Genetika

Homology digunakan dalam bidang genetik untuk gen yang memiliki kesamaan urutan (urutan) dari DNA dasar. Gen gen yang secara homologis memiliki banyak basis serupa, yang, jika diekspresikan, dapat membuat protein serupa dalam struktur dan fungsinya.

Gen homolog ini menjadi keluarga gen (keluarga gen) atau gen keluarga (gen superfamily) ketika mereka berasal dari spesies yang berbeda. Ketika variasi urutan ini menghasilkan protein dengan fungsi yang berbeda atau tidak berfungsi, itu disebut sebagai alel.

Dari definisi homologi, kemudian dikurangi dengan berbagai istilah yang menggambarkan tingkat kesamaan atau terjadinya kesamaan ini.

Kromosom homolog didirikan pada saat proses meiiose (pada profase I) kromosom berpasangan (sinapsis). Instalasi ini terjadi karena dua kromosom dalam kemiripan pesanannya (tetapi tidak identik).

  • Ortologi

Gen ontologus (gen ortologis) adalah bagian dari gen homolog yang memiliki akibat prosedur pembentukan spesies (spesialis), bukan karena reproduksi. Dalam pengertian ini, dua gen dengan urutan yang sama, tetapi dalam memiliki berbagai spesies disebut sebagai ortolog.

  • Paralogi

Paralogi adalah istilah untuk menunjukkan perbedaan yang dapat disebabkan oleh duplikasi. Proses reproduksi dapat dilihat pada sel darah merah.

Referensi: https://fungsi.co.id

https://www.bertani.co.id


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar