Uji Kompetensi Guru: Prinsip, Kelebihan, Dasar, Materi

Oleh : ellen-blog | Tanggal : 2021-07-05 18:24:26 | Kategori : INFORMASI , | Komentar : 0

gambar

Pengertian Uji Kompetensi Guru (UKG)


Baca cepat Buka

Tes kompetensi guru yang disingkat UKG merupakan kegiatan tes untuk mengukur kompetensi dasar pada mata pelajaran dan pedagogi pada mata pelajaran. Kompetensi dasar bidang studi yang diuji didasarkan pada sertifikasi bidang studi (bagi guru yang sudah berkualifikasi pendidik) dan pada kualifikasi akademik guru (bagi guru yang tidak menyelenggarakan pelatihan keguruan). Kompetensi pedagogik yang diuji adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi di kelas. Padahal, UKG digunakan tidak hanya untuk menguji keterampilan tertentu yang perlu dimiliki guru, tetapi untuk berbuat lebih banyak, yaitu mengembangkan dan menunjukkan kompetensi penuh seorang guru. Kompetensi keseluruhan, yang meliputi pencantuman dan penerapan keterampilan, sikap dan pengetahuan yang saling berkaitan.
Prinsip-prinsip tes kecakapan guru

 

Dalam pelaksanaan UKG, prinsip-prinsip UKG berikut harus diperhatikan:


gol pertama

Uji kompetensi guru dilakukan dengan benar dan jelas serta mengevaluasi kompetensi sesuai dengan itu.
2. Adil

Dalam melaksanakan uji kompetensi guru, peserta uji kompetensi guru harus diperlakukan sama dan tidak boleh membeda-bedakan budaya, pandangan hidup, sosial budaya, senioritas dan harus dilayani secara adil dan tidak diskriminatif sesuai kriteria dan mekanisme kerja.
3. Transparan

Data dan informasi untuk pelaksanaan uji kompetensi seperti mekanisme kerja dan sistem penilaian harus dibuat terbuka dan dapat diakses oleh pihak yang membutuhkan.
4. Akuntabel

Penyelenggaraan tes kecakapan guru harus dapat dipertanggungjawabkan baik pelaksanaannya maupun keputusannya sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.


Manfaat tes kecakapan guru

Secara teoritis dan praktis pelaksanaan UKG memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

    Sarana pemetaan kompetensi dan kinerja guru

Data hasil UKG tersebut kemudian digunakan untuk mengklasifikasikan guru dan menjadi masukan untuk menindaklanjuti pengembangan dan pengembangan kompetensi guru.

    Sarana untuk mengelompokkan guru

Tenaga pengajar diklasifikasikan menurut tingkat kompetensinya masing-masing.

    Fasilitas pelatihan guru

Pembinaan guru bisa lebih efektif karena didapat dari input data yang tepat.

    Fasilitas pemberdayaan guru

Seperti halnya pengembangan guru, penguatan pemberdayaan guru melalui data yang akurat juga dimungkinkan untuk lebih efektif.

    Referensi dalam pengembangan kurikulum

Pengembangan kurikulum menjadi lebih jelas dan terarah karena dilakukan berdasarkan data kinerja.
Baca lebih lanjut: Sistem pencernaan pada ruminansia (trah ruminansia)

    Alat untuk mempromosikan kegiatan dan hasil belajar

Fokus peningkatan kegiatan belajar mengajar guru akan didasarkan pada data yang diperoleh.

    Alat seleksi baru untuk penerimaan guru

Tidak hanya guru yang pernah menjabat sebelumnya, tetapi juga calon guru atau guru baru harus memiliki standar yang sama.
Guru Uji Kompetensi Guru Dasar

Di bawah ini adalah beberapa tes kemampuan dasar guru, yaitu:
1. Aspek filosofis

    Hak masyarakat dan siswa atas pendidikan yang berkualitas
    Guru yang berkualitas diperlukan untuk pendidikan yang berkualitas.
    Siswa perlu menghindari proses pembelajaran yang tidak berkualitas.
    Membangun budaya mutu bagi guru.
    Menjamin kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai standar yang ditetapkan.
    Inti dari sebuah profesi

    Profesi guru merupakan profesi khusus yang juga memerlukan keterampilan khusus.
    Keterampilan mengajar khusus juga memerlukan perlakuan khusus. Tes kecakapan guru adalah salah satu cara untuk membekali guru dengan pembinaan profesional dan layanan pengembangan guru yang baik.
    Orang dengan profesi guru menerima penghargaan khusus dan tunjangan sosial. Oleh karena itu, perlu ada keseimbangan antara keterampilan yang mereka miliki dengan penghargaan dan kesejahteraan yang mereka terima.

 2. Aspek pedagogis teoretis

    Evaluasi kinerja guru merupakan penilaian terhadap setiap unsur kegiatan tugas pokok guru yang berkaitan dengan peningkatan pangkat dan jabatan karir.
    Pembinaan dan pengembangan profesional guru hanya dapat dilakukan secara efektif jika didasarkan pada pemetaan kompetensi guru.
    Uji kompetensi guru digunakan untuk memetakan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional).
    Dalam rangka membangun eksistensi dan harkat martabat suatu profesi, tidak

 

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar