Aldin Ardian, ST, MT

  aldin ardian tambang

Kuliah di Kanada part 1

Oleh : aldinardian-blog | Tanggal : 2018-01-19 00:22:23 | Kategori : Beasiswa , | Komentar : 16

Sudah tahun kedua saya kuliah di Kanada. Proposal defense sudah lewat, mandatory courses sdh diambil, baru sadar saya seharusnya berbagi informasi kuliah di Kanada. Tidak seperti negara lain yang berdasar pengalaman mencoba, mencari, dan gagal, tentang Kanada ini saya alami langsung dan berhasil. Maka dari itu postingan tentang studi di Kanada akan saya buat lebih detail dan seinformatif mungkin. 

Kanada, entah mengapa bukan tujuan studi yang populer bagi mahasiswa Indonesia. Menurut data dari unesco, negara mainstream yang menjadi tujuan studi mahasiswa Indonesia adalah Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, Mesir, dan Inggris. Bisa jadi karena jarak, atau inspirasi dari pelajar sebelumnya. Alasan belajar ke luar negeri bermacam-macam, negara tujuan memiliki jurusan yang tidak ada di Indonesia, profesor terbaik bidang tertentu ternyata ada di universitas ABC, negara tujuan merupakan pusat studi DEF, dan lain sebagainya. Untuk postingan pertama ini, saya coba memberikan perspektif tentang mengapa kita kuliah di Kanada.

Berikut poin-poin yang saya coba rangkum mengapa Kanada dapat dipertimbangkan sebagai tujuan studi.

  1. Biaya kuliah (tuition fee) dan biaya hidup (living cost) relatif lebih murah dibanding negara mainstream tujuan studi luar negeri.
  2. English-speaking secara umum dan French-speaking di provinsi Québec.
  3. Memiliki universitas yang masuk dalam 100 besar dunia (QS world) dan tentunya masuk daftar LPDP (terdapat 11 universitas Kanada masuk dalam daftar LPDP). Universitas tersebut adalah Emily Carr University of Art+Design, McGill University, McMaster University,  The University of Western Ontario, Université de Montréal, University of Alberta, University of British Columbia, University of Guelph, University of Saskatchewan, University of Toronto, dan University of Waterloo.
  4. Ilmu kebumian  terutama pertambangan, 5 Universitasnya masuk dalam 20 besar dunia (McGill, Queens, UBC, University of Toronto, dan University of Alberta).
  5. Sebagai salah satu pusat studi Artificial Intelegence di dunia (Université de Montréal dan McGill University).
  6. Ilmu politik, antropologi, dan global affairs di University of Toronto menjadi salah satu yang terbaik di dunia dengan sebutan Munk School of Global Affairs, dengan profesor Indonesianist seperti Prof. Jacques Bertrand, Prof. Joshua Barker, Prof. Tania Li, dan Prof. Rachel Silvey.
  7. Bidang computer science, matematika, dan aktuaria merupakan unggulan di Kanada terutama University of Waterloo. University of Waterloo juga mendapat predikat most innovative university di Kanada.
  8. University of Alberta dan University of Toronto memiliki school of business yang menjadi salah satu terbaik di dunia.
  9. Untuk veterinary, university of Guelph dan Université de Montréal menduduki peringkat 6 dan 48 di dunia.
  10. Terdapat 6 universitas yang memiliki jurusan medicine terbaik dunia, U of T, McGill, UBC, McMaster, Udem, dan U of A (topuniversities.com).
  11. Jurusan Psikologi, Kanada juga memiliki kampus terbaik. U of T, UBC, McGill, The University of Western Ontario, Mcmaster, Queens, Udem, U of A, dan University of Waterloo.
  12. Bagi yang membawa dependant pasangan, memiliki peluang untuk bekerja. Karena dependant bisa mendaftar visa kerja tanpa sponsor (open work-permit).
  13. Bagi yang membawa dependant anak, ada program Canada Child Benefit (CCB) dari pemerintah, dengan kebijakan yang berbeda tiap provinsi. Bentuk benefitnya berupa subsidi daycareeducation support hingga usia 18 tahun, dan tax-free.
  14. Umumnya universitas di Ameika Utara mensyaratkan GRE dan atau GMAT. Untuk Kanada, jurusan manajemen umumnya masih menggunakan GMAT. Sedangkan teknik, syarat GRE kadang hanya additional. Pastikan dengan menghubungi administrative staff (TU) jurusan.
  15. Untuk memuaskan hobi traveling, Kanada terkenal keindahan alam (Banff dan Jesper national park, Niagara Falls, Danau-danau) dan juga heritage site.
  16. Surat Ijin Mengemudi (SIM) internasional yang dibuat di Indonesia dapat digunakan di Kanada selama 6 bulan sejak kedatangan. Sedangkan, pemegang study permit masih dapat menggunakan SIM international tanpa membuat SIM local hingga masa study permit habis.

Sementara ada 16 poin, tentunya jauh lebih banyak daripada itu alasan kuat mengapa Kanada menjadi tujuan studi. Postingan berikutnya akan saya bahas tentang social culture untuk beradaptasi dan memaksimalkan masa studi di Kanada.


Komentar


comments_avatar
Retno pratiwi
2021-07-29 14:51:16

salam kenal kak aldin saya ada rencana pindah ke kanada untuk sekolah dan bekerja, kira beasiswa apa yang mudah yang jurusannya terbuka lebar untuk bekerja disana juga? dan kalo bawa keluarga anak 2 usia dibawah 18 tahun apa sekolahnya bisa gratis? meskipun bukan permanent resident


medium_content
aldinardian-blog
2021-11-24 11:36:51

Hi Retno salam kenal. Pilihan menarik memang bermigrasi ke Kanada. Sejujurnya kurang begitu paham saya beasiswa apa ya yang mudah dan jurusannya terbuka lebar untuk kerja, kalau ada mungkin sudah rame, jadinya ga mudah lagi. hehehe. Dengan visa non visitor (resident) harusnya bisa2 saja sekolah sampai high school dengan biaya seperti WN Kanada. Ga sepenuhnya gratis, tapi murah. Pernah denger sekitar 2,5juta per tahun saja itu untuk biaya lunch.


comments_avatar
Iksan
2021-03-16 01:46:02

kakak usia saya skrg 35thn, rasanya saya pengen kuliah di canada program s3 hukum. bisa bantu info info beasiswa atau bagaimana cara dan syarat kuliah disana


medium_content
aldinardian-blog
2021-11-24 11:57:44

Saya kurang hapal beasiswa dan syarat2nya, belum lagi nama2 kampus hukum. Mungkin bisa dicoba kontak calon pembimbing sambil nanya peluang beasiswa.


comments_avatar
Icha
2020-09-28 09:36:25

Salam kenal kak. Kakak ke Kanada dengan beasiswa apa? Saya tertarik dengan plant sciences di Universitas Mc Gill. Beasiswa yang saya tahu hanya Vanier scholarship untuk PhD yang hanya support 3 tahun. Kira2 di Kanada PhD 3 tahun bisa kah? Lalu berapa biaya hidup di Quebec untuk keluarga 2 anak? terima kasih


medium_content
aldinardian-blog
2020-09-28 18:54:22

Haloo salam kenal mbak Icha. Pertama, saya kuliah di Kanada dengan beasiswa LPDP. Memang di Kanada sistem beasiswanya agak berbeda dengan negara2 lain. Hampir semua beasiswa (dari dalam Kanada) harus mewajibkan kita diterima di univ di Kanada dulu. Vanier termasuk besar beasiswanya. Untuk PhD di Kanada 3 tahun bisa lulus, tapi biasanya yang S2nya di Kanada atau langsung sudah bisa catch-up dengan metode2 yang digunakan (tanpa harus belajar, atau harus belajar dengan cepat) yang biasa lulus 3 tahun. Normalnya 4-5 tahun. Selain vanier, biasanya kalau sudah di dalam Kanada, banyak juga beasiswanya, dari pemerintah, perusahaan, maupun dari kampus atau lab sendiri. Untuk biaya hidup di Quebec, yang paling mahal setahu saya saat ini di kota Montreal, sekeluarga dengan 2 anak, bisa sekitar CAD2,500-3,000. Tapi bagusnya, di Quebec ramah keluarga, biaya sekolah gratis dan ada bantuan anak hingga sekitar CAD556 per anak. Ada bantuan alat sekolah anak, subsidi daycare, dan tax benefits. Semoga sukses persiapannya mbak.


comments_avatar
Julia
2019-08-09 15:42:52

Hi salam kenal...thanks ya infonya...mau update donk, saya rencana mau migrasi kesana tp lewat kuliah, better ambil jurusan apa yg terbuka lebar utk pekerjaan di kanada? Thanks before.


medium_content
aldinardian-blog
2020-09-28 19:22:13

Hi salam kenal. Iya nih lama juga ya ga update. Saya coba pikir2 topik apa yang perlu diangkat. Atau ada masukan, boleh bgt. Tentang jurusan apa yg terbuka lebar pekerjaannya, sepintas saya rasa2 (tanpa data kuantitatif), sepertinya sektor jasa dan natural resource paling banyak di Kanada.


comments_avatar
Gelen
2019-06-23 17:57:51

dear bro aldin..saya gelen dari Pontianak, saya mau tanya jika istri saya sekolah college conestoga di wintloo..apakah saya bisa di ajukan visa dependant..untuk ikutin dia ke canada? jika berkenan saya juga ada nomor untuk di hubungi lewat whatsapp.. +6281919999189 thanks..


medium_content
aldinardian-blog
2019-06-29 17:40:14

Halo mas Gelen. Setahu saya bisa mengajukan visa dependent. Istri saya pertama masuk kanada juga menggunakan visa visitor sbg dependent. Tapi keputusan mutlak tetap ada di officer, selain tergantung keadaan pemohon, mereka juga melihat situasi politik dalam negeri (kanada) juga.


comments_avatar
Yunita riany
2018-08-12 16:14:08

Selamat Siang, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan mengenai study and work di canada. Boleh tolong minta alamat emailnya? Terima kasih.


medium_content
aldinardian-blog
2018-09-13 19:30:18

Silahkan mbak. Alamat email saya bisa dilihat di profil saya. Terima kasih.


comments_avatar
Iswanti
2018-07-23 07:37:41

Wah menarik skl mas tulisannya. Sy brmksd lnjt ke Univ of Alberta. Ada yg ingin sy tnykn soal surat referensi. Berkenan japri tidak mas?


medium_content
aldinardian-blog
2018-07-27 19:21:42

Yups, silahkan


comments_avatar
Adhari Heri
2018-03-04 07:31:48

Super sekali..., terimakasih master.., semoga bisa menyusul....


medium_content
aldinardian-blog
2018-03-30 20:57:02

Wiih ada bang Heri. Denger2 sedang menyusun strategi lanjut S3. Semangat dan sukses bang.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar