Cara Membuat NPWP Perusahaan PT

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2022-07-23 13:29:12 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

gambar

Perkembangan zaman yang semakin maju tentunya menjadikan kenaikan pajak sebagai hal biasa terlebih untuk sebuah perusahaan. Perseroan Terbuka (PT) pada perkembangannya tentu juga membutuhkan NPWP sebagai bukti perpajakan yang telah dilakukan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah Cara Membuat NPWP Perusahaan PT ? Simak terus ya ulasan kali ini.

Apa itu NPWP?

NPWP adalah nomor yang diserahkan pada pihak wajib pajak, sebagai sebuah sarana administrasi perpajakan dan dapat digunakan untuk tanda pengenal diri. Identitas ini digunakan dalam pelaksanaan hak serta kewajiban yang berhubungan dengan perpajakannya.

Semua pihak yang wajib pajak serta telah memenuhi persyaratan secara subjektif dan objektif sesuai ketentuan peraturan UU berlaku perihal perpajakan, diwajibkan untuk mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak terdekat dari domisili tempat tinggal.

Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tidak untuk perusahaan atau bisnis saja, namun pihak perorangan juga diwajibkan membayarnya. Hal ini ditujukan untuk kelancaran dan keberlanjutan dalam proses pembangunan negara serta infrastruktur yang ada di dalamnya.

Bagaimana Cara Membuat NPWP Badan Usaha Perusahaan?

Pembuatan NPWP perusahaan sebenarnya sangatlah mudah, namun hal terkait hukum bisnis yang berlaku juga harus diketahui terlebih dahulu. Hal ini berguna agar proses pembuatan dapat berjalan lebih lancar, serta keamanan data usaha bisa terjamin. Berikut 2 cara pembuatannya:

1. Datang Langsung Pada Kantor Pelayanan Pajak

Pemilik usaha dapat datang langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat sesuai domisili perusahaan. Pastikan untuk membawa berkas persyaratan secara lengkap (sesuai kebutuhan) agar proses dapat lebih singkat, dan langsung saja menuju pada loket petugas pendaftaran.

Formulir dapat diperoleh dari petugas pendaftaran KPP, setelah itu pemilik usaha harus mengisinya secara lengkap ditambah dengan tanda tangan dan materai Rp 6.000. Fotocopy semua berkas yang sudah siap kemudian serahkan pada kantor. NPWP yang sudah siap dapat diambil hari itu juga.

2. Melewati Pos atau Jasa Kurir

Pemilik usaha yang berdomisili cukup jauh dari kantor, dapat menggunakan jasa pos atau kurir dalam menyerahkan dokumen. Cara ini juga efektif bagi pengusaha yang tidak memiliki banyak waktu senggang untuk mengurus dan mengirim dokumen pendaftaran.

Oleh karena itu formulir pendaftaran yang sudah diisi secara lengkap, dapat kemudian dikirim melalui jasa di atas. Akan tetapi jangan sampai lupa untuk melampirkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, guna kelancaran proses pembuatan. NPWP paling lambat jadi dalam kurun waktu 1 hari.

Manfaat Adanya NPWP Bagi Perusahaan PT

Perusahaan yang berkembang dari saham ini, tentu akan mendapat banyak manfaat setelah memiliki NPWP. Oleh karena itu pemilik usaha diwajibkan untuk membuat nomor pokok yang berkaitan dengan perpajakan ini. Adapun manfaat tersebut antara lain:

1. Kredibilitas Investor Baik

NPWP milik sebuah perusahaan tentu dapat digunakan untuk menjaga kredibilitas dari setiap investor yang bergabung. Hal ini tentunya lebih memudahkan pelaku bisnis dalam pendapatan modal yang berasal dari saham pengalir dana untuk perkembangan sebuah usaha.

Adanya NPWP menjadikan investor lebih yakin untuk menanamkan modalnya, karena kelegalan perusahaan dan keamanan perpajakan sudah terdaftar di pemerintahan pusat. Bisnis yang sudah sah secara hukum dan ber Nomor Pokok Wajib Pajak cenderung lebih diminati oleh pengalir dana tersebut.

2. Diakui Secara Hukum

Kekuatan hukum perusahaan didapatkan setelah adanya NPWP. Tanpa adanya nomor pokok ini maka sebuah bisnis baik itu PT, CV, Firma, atau lainnya, masih belum memiliki legalitas dalam usaha. Hak atas segala kebijakan pemerintah juga dimiliki apabila sudah membuat keterangan tersebut.

Tidak hanya kekuatan hukum saja, namun manfaat lain dari NPWP juga ada dalam urusan administrasi perusahaan, seperti transaksi dengan mitra bisnis dan lain-lain. Urusan perpajakan transaksi dapat diselesaikan cukup mudah dengan menggunakan nomor pokok tersebut.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara membuat NPWP perusahaan semoga bermanfaat. Adanya nomor tersebut tentu proses pembayaran pajak akan lebih mudah.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar