Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi yang Sangat Akurat

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2022-04-07 02:29:22 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

Seperti yang Anda ketahui, gempa bumi bisa saja terjadi secara tiba-tiba di berbagai belahan dunia tidak terkecuali Indonesia. Terlebih, bencana alam yang kuat tersebut dapat menyebabkan kerusakan hingga cidera. Berdasarkan kabelkusutblog.com, terdapat aplikasi pendeteksi gempa bisa digunakan.

Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa

Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di wilayah cincin api pasifik. Hal tersebut menjadikannya cukup rawan terhadap bencana gempa. Dikutip dari kabelkusutblog.com. Anda bisa mengunduh aplikasi pendeteksi gempa sehingga sangat efektif digunakan. Di bawah ini diantaranya:

  1. Info Gempa Bumi Terkini

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan informasi tentang gempa bumi yang ada di seluruh Indonesia. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lokasi, waktu, sekaligus wilayah bencana alam tersebut secara langsung. Terlebih, datanya juga dapat dipastikan sudah akurat.

Pasalnya, sumbernya berasal dari BMKG langsung. Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini bahkan terbilang sangat unik. Hal ini tidak lain karena Info Gempa Bumi Terkini satu ini sudah dilengkapi dengan alarm peringatan tsunami sekaligus gempa.

  1. Info BMKG

Aplikasi selanjutnya adalah Info BMKG. Perlu diketahui, bahwa ini merupakan aplikasi yang dirilis resmi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sehingga tidak perlu ragu lagi menggunakannya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi secara akurat tentang cuaca maupun bencana alam.

Informasi yang diberikan pun dapat diperoleh secara real-time berdasarkan lokasinya. Contohnya saja terdapat gempa dengan kekuatan sekitar 5 skala richter. Aplikasi ini akan memberitahu tentang jarak epicentrum bencana tersebut ke lokasi penggunanya.

  1. MAGMA Indonesia

Termasuk sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Indonesia.  Tidak heran jika setiap pengguna nantinya dapat memperoleh informasi secara real-time mengenai aktivitas gunung berapi, gempa bumi, gerakan tanah, hingga tsunami.

Gempa ini sendiri akan menyajikan informasi dengan cukup lengkap. Mulai dari lokasi, waktu kejadian, kedalaman, magnitudo, simbol mekanisme gempa bumi, nama gunung berapi terdekat, dan berbagai sumber data akurat lainnya.

Itu tadi informasi lengkap mengenai aplikasi pendeteksi gempa yang bisa Anda gunakan dikutip dari kabelkusutblog.com. Tentu sangat penting untuk mengunduh aplikasi tersebut agar nantinya bisa bersiap-siap dan waspada sedini mungkin dalam menghadapi bencana.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar