Mengapa Harus Mendaftarkan Merek Secara Resmi

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2021-11-10 14:03:24 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

Mendaftarkan merek secara resmi sangatlah penting dilakukan sebelum brand tersebut digunakan atau disalahgunakan oleh orang lain. Sehingga sebaiknya pendaftaran dilakukan sejak awal pembuatan merek agar terhindar dari kesamaan brand yang juga dimiliki oleh orang lain.

Pentingnya Mendaftarkan Merek Secara Resmi

Sengketa merek dagang menjadi salah satu masalah yang bisa dialami oleh siapa saja para pelaku bisnis. Masalah ini biasanya terjadi karena adanya perebutan atas merek tertentu yang sudah beredar di pasaran. Namun pihak yang bersengketa merasa sama-sama memiliki hak atas merek tersebut.

  1. Sebagai Identitas Untuk Meningkatkan Kredibilitas

Fungsi utama merek adalah sebagai identitas suatu produk atau bisnis. Merek juga menjadi tanda pengenal agar lebih mudah diingat oleh masyarakat. Dengan mendaftarkan merek di lembaga pendaftaran yang resmi maka ada kesamaan merek dapat dihindari.

Karena terkadang ada pelaku bisnis yang membuat merek sama persis tanpa mengetahui bahwa mereka tersebut ternyata sudah menjadi milik orang lain. Maka sebaiknya cari merek yang berbeda, unik, menarik, dan mudah diingat.

  1. Untuk Mendapatkan Perlindungan Hukum

Ketika ada pihak lain yang berupaya untuk menyalahgunakan atau menggunakan merek dari produk atau bisnis Anda, sebenarnya pemilik tidak bisa mendapatkan hak penuh sebelum mendaftarkannya. Perlindungan hukum atau satu merek hanya akan diberikan ketika merek tersebut sudah didaftarkan ke lembaga resmi.

Jika merah tersebut sudah terdaftar maka sepenuhnya menjadi milik Anda. Ketika ada orang lain yang ingin menggunakan model tersebut maka bisa melarang dan menuntut secara hukum jika tetap memaksa. Untuk informasi lebih lanjut silahkan masuk ke https://patendo.com/trademark-indonesia/.

  1. Menambah Nilai Perusahaan

Masyarakat mengenal suatu produk juga bisa dari branding. Bahkan mereka bisa mengetahui apakah produk tersebut berkualitas atau tidak hanya dari nama merek dagang produk tersebut. Merek memiliki peran penting dalam membangun branding perusahaan.

Ketika branding perusahaan sudah dibangun dengan baik maka dapat menarik perhatian investor untuk menanamkan modal mereka. Sehingga Anda pun mendapatkan kesempatan lebih besar untuk mengembangkan usaha agar lebih luas lagi.

Pendaftaran merek sebaiknya dilakukan di lembaga yang sudah resmi contohnya seperti Patendo. Anda bisa mengaksesnya melalui https://patendo.com. Mengingat pentingnya mendaftarkan merek secara resmi, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada Konsultan HKI terdaftar.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar