Cara Pasang Katrol Listrik Yang Benar

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2021-09-24 09:06:25 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

Katrol listrik akhir-akhir ini banyak digunakan di area industry hanata lifting. Para operasional katrol listrik harus menguasai Cara Pasang Katrol Listrik agar katrol dapat bekerja dengan baik.

Mengapa harus mempelajari Cara Pasang Katrol Listrik?

Katrol merupakan alat angkat yang terbuat dari roda yang sekelilingnya diberi tali atau roda. Katrol dibagi menjadi dua, yakni katrol manual yang pengoperasiannya ditarik oleh manusia secara langsung dan katrol listrik yang pengoperasiannya menggunakan teknologi motor listrik.

Katrol listrik dapat digunakan untuk mengangkat benda-benda berat, selain mengangkat katrol listrik juga dapat menurunkan benda dengan mudah.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki katrol listrik adalah tidak menggunakan tenaga manusia untuk menariknya. Katrol listrik sudah menggunakan teknologi motor listrik untuk menarik atau menurunkan benda berat, sehingga sangat efektif untuk membantu pekerjaan manusia.

Dengan banyaknya kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh katrol listrik, alat ini banyak dicari oleh pekerja industri, pekerja pembangunan gedung, dll.

Sebagai seorang operator katrol listrik, penting sekali untuk kamu untuk mengerti cara memasang katrol listrik.

Karena katrol listrik banyak digunakan di area industri, pembangunan, dll, untuk mengangkat benda-benda magnetik yang berat. Akan sangat berbahaya jika operator katrol listrik tidak dapat mengoperasionalkan katrol listrik dengan baik.

Berikut Cara Pasang Katrol Listrik yang baik dan Benar

  1. Siapkan segala keperluan untuk memasang katrol

Untuk memasang katrol listrik cari lokasi/tiang yang pas untuk memasang katrol listrik, pilih katrol listrik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Pasang roda pasang roda pada besi penyangga

Langkah selanjutnya adalah memasang roda pada besi penyangga bagian samping kiri dan kanan besi penyangga katrol. Roda pada besi penyangga berfungsi untuk menggerakkan besi penyangga.

  1. Pasang pengunci katrol

Selanjutnya pasang pengunci pada bagian tengah besi penyangga. Pengunci ini berfungsi untuk menahan katrol agar tidak jatuh kebawah. Kemudian letakkan besi penyangga tersebut pada lokasi katrol.

  1. Pasang katrol

Letakkan besi penyangga pada tiang yang digunakan sebagai tempat katrol, kemudian pasang katrol listrik dengan mengaitkan katrol pada pengunci yang ada pada tiang penyangga.

  1. Pengoperasian katrol

Seletah semuanya terpasang, colokkan kabel power katrol pada stop kontak. Kemudian jika ingin mengoprasikan katrol listrik gunakan remot atau tombol kontrol katrol listrik.

Sekian penjelasan singkat mengenai katrol listrik dan langkah-langkah sederhana Cara Pasang Katrol Listrik yang baik dan benar, semoga dapat membantu pekerjaan kamu.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar