Cara Talak Nikah Siri

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2021-07-14 07:15:44 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

gambar

Salah satu pertanyaan bagi sebagian orang yang masih membingungkan adalah bagaimana cara talak nikah siri. Sebab, persyaratan agar dapat bercerai adalah mengajukan gugatan ke pengadilan agama. Untuk jawaban lengkapnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Beberapa Cara Talak Nikah Siri yang Perlu Diketahui

Nikah siri adalah sebuah pernikahan yang dilakukan dibawah tangan. Maksudnya ialah, pernikahan tersebut hanya saha dimata agama tapi tidak negara karena tak tercatat di KUA. Lantas bagaimana jika ingin bercerai, untuk jawabannya ada beberapa caranya.

1.      Apakah Nikah Siri Bisa Talak?

Jika pertanyaannya adalah apakah bisa melangsungkan gugatan atu talak jika status pernikahannya adalah siri, maka jawabannya bisa. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Namun sebelum itu pahami terlebih dahulu ketentuan serta prosedur.

Sebab, jika pernikahan memang sudah tidak bisa dipertahankan dengan alasan apapun, maka jalan terakhirnya adalah bercerai. Untuk yang berstatus nikah siri ada dua cara melangsungkan perceraian. Pertama melalui itsbat dan kedua mengutus hakam.

2.      Talak Nikah Siri Melalui Pengadilan Agama

Cara talak nikah siri pertama yaitu melalui pengadilan agama. Kalau Anda ingin menggunakan jalur ini tentu langkah awalnya adalah mengajukan status penetapan keabsahan pernikahan. Mengajukan permohonan serta melengkapi semua kebutuhan dokumen persyaratan.

Anda harus mengubah status nikah siri menjadi resmi terlebih dahulu. Setelah itu, barulah dapat melangsungkan proses perceraian melalui kantor pengadilan agama. Kalau tidak, maka talak tidak akan diakui karena statusnya siri atau ilegal dimata negara.

3.      Talak Nikah Siri Dengan Mengutus Perwakilan

Sama halnya seperti memenuhi persyaratan nikah siri Jakarta, untuk cara yang kedua pun ketentuannya harus terpenuhi. Agar bisa melangsungkan prosesi perceraian, Anda dapat mengutus dua orang atau hakam sebagai perwakilan.

Prosedurnya ialah biasanya kedua pihak mengirim dua perwakilan untuk membuat keputusan pernikahan dalam hal ini yaitu pengacara. Pihak tersebut akan mengurusi semua kebutuhan persyaratan. Dengan begitu, istri ataupun suami hanya akan dapat hasil akhirnya saja.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara talak nikah siri. Apabil seorang istri merasa sudah tidak bisa mempertahankan pernikahan, dan suamin tak ingin menalak maka bisa melangsungkan gugatan. Kedua cara tersebut dapat dilakukan untuk melangsungkan cerai.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar