Keberagaman Gizi dan Fungsinya Bagi Tubuh Anak

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2023-04-23 21:03:16 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

gambar

Seorang anak pasti membutuhkan banyak nutrisi dan gizi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, pemenuhan kebutuhan tersebut juga membantu membuat tubuh mereka menjadi lebih kuat, sehat, dan mampu melakukan berbagai aktivitas setiap harinya.

Keberagaman Gizi dan Fungsinya Bagi Tubuh Anak

Ada beragam jenis nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh anak. Namun, kebanyakan orang tua tidak mengetahui setiap jenis serta fungsinya, sehingga pemberian makanan secara seimbang sangat kurang. Untuk itu, di bawah ini telah disediakan informasi lengkapnya!

  1. Vitamin A dan C

Vitamin A dan C bisa Anda temukan di sayuran seperti wortel dan buah-buahan seperti jeruk. Keduanya berperan penting dalam memenuhi kebutuhan vitamin A juga C. Vitamin A sendiri berguna untuk menyehatkan mata dan kulit, serta melindungi dari infeksi.

Adapun beberapa jenis vitamin A yang dapat dikonsumsi dari kubis, anggur, bayam, ubi jalar, semangka, dan tomat. Sedangkan vitamin C, seperti brokoli, jeruk, strawberry, nanas, dan paprika yang berguna untuk menjaga gusi dan gigi agar tetap sehat serta menyembuhkan luka dengan cepat.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan gizi penting yang harus dipenuhi untuk membantu pertumbuhan anak. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi. Jenis-jenis makanannya seperti kale, okra, dan bayam.

Anda bisa mengolah setiap jenis makanan ke dalam berbagai hidangan lezat yang akan membuat anak lebih berselera. Itulah mengapa orang tua harus kreatif dalam membuat olahan yang disukai anak dan tentunya tidak membosankan.

  1. Magnesium

Menguatkan tulang di masa pertumbuhan anak menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan oleh para orang tua. Dalam hal ini, konsumsi makanan mengandung magnesium sangat dianjurkan seperti bayam serta kacang-kacangan.

Keduanya memiliki peranan penting dalam membantu memberikan dan memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi pada tubuh anak. Jadi, orang tua harus memperhatikan dengan baik setiap olahan makanan yang dibuat, apakah bagus untuk anak atau tidak.

Itu tadi informasi berkaitan dengan beragam gizi dan fungsinya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan si kecil. Dalam hal ini, peran orang tua sangat besar untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi anak.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar