Mengelola Stress untuk Hidup Lebih Bermakna

Oleh : susanti-blog | Tanggal : 2023-02-25 12:02:39 | Kategori : Umum , | Komentar : 0

gambar

Stress merupakan perasaan yang terjadi karena kecemasan berlebih. Mulai dari ekonomi, kesehatan, kegiatan yang terlalu monoton, banyak memendam masalah, dan sebagainya. Supaya tidak berlarut-larut mengelola stress, maka Anda pun harus membuat hidup lebih ringan dan nyaman.

Mengelola Stress untuk Hidup Lebih Bermakna

Perasaan cemas atau khawatir berlebih akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Saat seseorang stress, otak akan melepaskan hormon adrenalin sehingga denyut jantung meningkat. Supaya tidak berlarut-larut, begini cara mengelola stress yang benar.

1. Berbicara dengan keluarga atau teman

Perlu Anda ketahui bahwa stress bisa terjadi kapanpun dengan penyebab apapun. Keadaan ini banyak terpicu karena terlalu lama memendam masalah tanpa bisa mengungkapkannya. Itulah memgapa sebagai makhluk sosial memerlukan orang lain untuk sekedar bertukar cerita.

Jika Anda mengalami masalah yang terlalu berat dan mulai mengganggu keseharian, saatnya speak up kepada orang terpercaya. Kiranya mereka dapat diajak diskusi, bukan hanya merasakan emosi atau bertukar kabar terbaru.

2. Mendekatkan Diri Pada Pencipta

Pikiran yang kalut membuat diri malas melakukan berbagai hal. Namun, manusia memang diciptakan dan dibekali berbagai jenis emosi. Di mana saat Anda tidak tahu harus bagaimana lagi menghadapi hidup, dekatkanlah diri pada Sang Pencipta. Berkeluh kesahlah pada-Nya.

Sesungguhnya yang Maha Kuasa akan memberikan solusi dari jalan tidak disangka-sangka. Menangislah, tersedu lah, sampai hati tenang. Yakini bahwa segala yang terjadi tidak kebetulan sebab ada rencana besar setelahnya.

3. Melakukan Hobi

Stress yang terkelola akan memberikan dampak baik bagi mental. Alih-alih meluapkannya dengan bermalas-malasan, amarah, dan perbuatan negatif lainnya. Coba lakukan hal-hal positif yang lebh bermanfaat.

Alihkan pikiran ke sesuatu yang menurut Anda menyenangkan. Misalnya mendengarkan musik, membaca buku, olahraga,dan sebagainya. Tidak ada salahnya pula melakukan relaksasi atau meditasi untuk menghilangkan berbagai pikiran buruk.

Itulah ketiga tips mengelola stress yang bisa Anda lakukan saak kekalutan makin berlarut. Jika keadaan dirasa makin parah hingga mengalami kesulitan mengendalikan diri sendiri, tidak salahnya untuk pergi ke psikolog. Pastikan semua solusi di atas dijalankan.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar