BRI Gali Potensi Ekonomi Desa Lewat Desa BRILian

Oleh : nanikdara-blog | Tanggal : 2022-01-18 14:44:40 | Kategori : Perwalian , | Komentar : 0

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) terus memiliki komitmen membuat economic dan social nilai dengan menggerakkan inklusi keuangan sampai ke tingkat pemerintah paling kecil, yakni dusun. Misi itu diterapkan pada aktivitas namanya Program Dusun Cemerlang 2021.

Program inkubasi dusun ini mempunyai tujuan hasilkan role mode dalam peningkatan dusun, lewat implikasi praktek kepimpinan dusun yang unggul. Disamping itu, Dusun Cemerlang 2021 mengangkat semangat kerjasama untuk memaksimalkan kekuatan dusun berbasiskan Sustainable Development Goals (SDG's).

Sebagai pucuk serangkaian acara, BRI juga melangsungkan "Pagelaran Dusun Cemerlang Indonesia 2021" pada (14/12). Agendanya meliputi "Bincang Dusun Cemerlang", sebuah dialog interkatif yang mengulas sudut pandang pembangunan dusun, diteruskan dengan malam animo dengan judul "Nugraha Kreasi Dusun Cemerlang".

Datang lewat virtual pada acara itu, yaitu Staff Pakar Sektor Keuangan dan Peningkatan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Direktur Jenderal Peningkatan Ekonomi dan Investasi Dusun - Kementerian Dusun dan PDTT Harlina Sulistyorini, Deputi Sektor Marketing Kemenparekraf Nia Pasti, Wakil Direktur Khusus BRI Catur Budi Harto, Direktur Usaha Micro BRI Supari, dan Kepala Dusun Finalis Dusun BRILian Indonesia.

Wakil Direktur BRI Catur Budi Harto menjelaskan, peranan BRI tak terbatas sebagai financial intermediary, tetapi mempunyai peranan sebagai empowerment atau pendayagunaan pribadi, aktor usaha, sampai ke instansi dusun. Menurut dia, pendayagunaan daerah perdesaan jadi rumor yang penting jadi perhatian, ingat perubahan dusun di Indonesia relatif belum rata.

"Karena itu, semenjak tahun kemarin BRI ikut datang meningkatkan dusun lewat program DESA BRILIAN. Dusun yang bergabung dalam program ini diharap jadi sumber ide perkembangan dusun yang bisa direplikasi di daerah yang lain," kata Catur dalam info tercatatnya Minggu (19/12/2021).

Penyelenggaraan Dusun Cemerlang ini kali sebagai yang keempat, di mana BRI sudah menyortir 2.062 dusun sebagai calon. Pucuk acara Dusun Cemerlang mendatangkan dialog berkaitan kekuatan rekreasi dan industri inovatif, inklusi keuangan dusun, sudut pandang media dalam memperhatikan perubahan dusun, dan cara inovatif dusun.
Baca:BRI Bantu Pengurangan Ongkos Dana PNM

Dalam peluang itu, didatangkan dusun menginspirasi, yakni desa-desa yang sukses bangun dari imbas wabah Covid-19. Dusun menginspirasi itu mencakup Dusun Penggarit Pemalang, Dusun Tebara Waikabubak dan, Dusun Klangon Malang.

Kesuksesan ini juga tidak terlepas dari peranan pendayagunaan BRI dalam membuat kekuatan ekonomi dusun. Ini dilaksanakan lewat pembelajaran dan literatur dari beberapa mantri BRI sebagai Financial Advisor tingkat Dusun, sekalian penyuluh keuangan digital untuk warga dusun.

"Di depan, desa-desa yang sudah ikuti Program Dusun Cemerlang diharap terus membuat social nilai atau economic nilai. Dengan begitu, menjadi semangat dan ide untuk desa-desa lain di semua penjuru Indonesia," tutup Catur.

https://manpemalang.id
https://www.rht.co.id
https://advokatpro.id
https://binkon.id
https://dharmadana.id
https://dentmas.id/
https://eformbri.co.id/
https://bapendasintang.id/
https://i-ssp.id
https://www.lppkb.id
https://simpeg-tb.id/


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar