Peta Asean

Oleh : faridaafriani-blog | Tanggal : 2022-07-27 04:35:17 | Kategori : Pendidikan , | Komentar : 0

Peta Asean - ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Ini mencakup wilayah geografis 4.000 km2 dengan populasi gabungan lebih dari 600 juta orang. Negara-negara anggotanya antara lain Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Selain itu, ASEAN memiliki negara pengamat, termasuk China dan Jepang.

ASEAN bukan hanya soal ekonomi. Wilayah ini memiliki kekayaan budaya dan sejarah. ASEAN telah menjadi promotor integrasi regional yang kuat, dan telah berhasil memajukan kerja sama dan integrasi regional. Komunitas ASEAN juga bertanggung jawab untuk menyelartikelkan konflik regional. Konflik paling menonjol yang dapat diselartikelkan ASEAN adalah Perang Saudara Kamboja.

Sejarah ASEAN dapat ditelusuri kembali ke tahun 1975, ketika enam negara pendiri membentuk Forum Regional ASEAN. Hal ini diikuti oleh pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 1987 dan pembentukan Sekretariat ASEAN pada tahun 1991. Pada tahun 1996, KTT Pemimpin ASEAN diadakan di Singapura dan Perjanjian ASEAN telah diratifikasi. Akhirnya, pada tahun 2009, KTT ASEAN diadakan di Vientiane, Laos dan Perjanjian ASEAN akhirnya ditkaliantangani.

ASEAN merupakan kawasan yang kaya akan sejarah dan budaya. Ini bertanggung jawab untuk mempromosikan integrasi regional dan telah berhasil menyelartikelkan konflik. Saya berharap ASEAN akan terus tumbuh dan berkembang di masa depan.

ASEAN, atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, adalah koperasi ekonomi regional yang terdiri dari sepuluh negara di Asia Selatan dan Asia Timur. Tujuan ASEAN adalah untuk menciptakan kawasan di mana negara-negara anggota dapat bekerja sama untuk saling menguntungkan. AASEAN didirikan pada 10 Agustus 1967 dengan lima anggota: Indonesia, Malaysia (saat itu bagian dari British Malaya), Singapura, Thailand, dan Filipina. Brunei bergabung pada 1 Januari 1984 sementara Vietnam menjadi anggota penuh pada 7 Juli 1995.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar