Ketahui Kode Etik Qnet Indonesia

Oleh : ellen-blog | Tanggal : 2021-07-16 08:16:31 | Kategori : | Komentar : 0

Pernah mendengar atau membaca bisnis QNET?

Apabila membaca banyak berita di media tentang QNET, pasti Anda akan bertanya. Apa itu QNET, bisnis yang seperti apa, bagaimana sistem bisnisnya, dan apakah ada kode etik berbisnis ini?

Bahkan ada yang menyebut bahwa bisnis ini ilegal, MLM, skema piramida, dan lain-lain.

Agar lebih jelas tentang QNET, berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu QNET?

QNET adalah sebuah perusahaan yang yang memakai sistem penjualan berupa direct selling atau penjualan langsung.

Layanan penjualan langsung QNET berlaku secara global dengan layanan unik high quality untuk semua pelanggannya di seluruh belahan dunia.

QNET juga memberikan peluang pada siapa pun untuk memiliki usaha niaga dengan mempromosikan produk-produk QNET yang beraneka ragam.

Letak kekuatan terbesarnya sebagai perusahaan global adalah keanekaragaman produk miliknya. Produk QNET terdiri dari produk kesehatan, kecantikan, kebugaran, pendidikan, hingga liburan.

Semua produknya bisa Anda dapatkan di platform e-commerce miliknya sehingga Anda tidak akan memperoleh produk QNET di department store lain.

Lebih lanjut, berdasarkan sejarahnya, akar perusahaan QNET berada di Asia.

Namun, distributor QNET ada di berbagai wilayah, mulai dari Timur Tengah, Eropa, Afrika, dan Asia: Asia Timur, Selatan, dan Tengah.

Kantor pusat QNET berada di Hongkong dengan kantor di 25 negara dunia, salah satunya Indonesia. Indonesia sendiri masuk dalam tiga negara pangsa besar industri QNET selain India dan Kazakhstan.

Berkat usahanya, QNET telah membantu banyak usaha kecil di berbagai negara berkembang untuk lebih maju dan berkembang lagi.

Sebagai perusahaan penjualan langsung, QNET direct selling sudah mengantongi perizinan dari Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia atau dikenal juga dengan AP2LI.

Bukan hanya itu, QNET sudah mendapatkan lisensi juga dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Dengan dua lisensi tersebut, bisa dipastikan jika QNET aman dan legal.

Hasilkan Uang dengan Bergabung dengan QNET Penjualan Langsung

Sebagai perusahaan yang mengusung metode penjualan langsung untuk pemasaran produknya dan berlaku global membuat setiap transaksi berlangsung jauh dari lokasi ritel permanennya.

Produk yang dijual merupakan produk yang unik dan eksklusif. Hal ini karena hanya bisa didapat di satu tempat, yakni official store dari QNET.

Bukan hanya itu, ada banyak pula fakta yang harus Anda ketahui ketika ingin bergabung dengan QNET agar Anda tidak termakan berita palsu atau salah di luar sana. Tiga di antaranya adalah.

  1. Sistem QNET bukan skema piramida investasi karena di sini, Anda harus membeli produknya.
  2. QNET bukan money game.
  3. QNET perusahaan resmi dengan lisensi dari AP2LI dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Sebagai perusahaan yang resmi dan legal, operasinya dijamin aman. Bahkan, Anda bukan hanya bisa menjadi konsumen tetap, Anda pun bisa turut menghasilkan uang dari QNET.

Bagaimana caranya?

Pertama, Anda bisa membuka e-commerce milik QNET dan mendaftar sebagai perwakilan independen.

Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk QNET. Ini adalah satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan uang dari QNET.

Agar usaha Anda lebih maksimal, belilah terlebih dulu produk QNET. Gunakan dan rasakan manfaatnya, setelah itu, promosikan pada orang-orang. Yakinkan mereka untuk membeli dengan bukti nyata, yakni Anda pun merasakan manfaat dari produknya.

Selain itu, dari pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi.

Yang paling penting di sini, adalah usaha Anda dalam mempromosikan dan menjual produk.

Kode Etik Berbisnis QNET

Photo by QNET Indonesia

Sebelum mantap memutuskan untuk bergabung, pahami dulu kode etik yang sudah QNET tetapkan.

Kode etik QNET sendiri terdiri dari 20 pasal.

Pasal-pasal tersebut membahas:

Pasal 1: Pengertian

Dalam pasal ini membahas berbagai pengertian.

Mulai dari pemahaman apa itu perusahaan, produk, IR atau independent representative dan IR number, sponsor, marketing plan atau rencana pemasaran, kode etik, bonus (referral dan binary), bank dan rekening bank, rangking, pewaris, ahli waris,  upline dan downline, formulir pendaftaran, garis sponsor, starter kit, komisi, dan hukum.

Pasal 2: Syarat Menjadi IR

Di pasal 2 ini terbagi menjadi dua ayat.

  • Ayat pertama menjelaskan tentang persyaratan untuk bisa menjadi IR, yakni seorang WNI yang sudah memiliki kartu identitas dan dewasa sehingga segala tindakannya bisa mempertanggung jawabkan secara hukum. Selain itu, harus memiliki modal juga untuk membayar pendaftaran.
  • Ayat kedua membahas mengenai calon IR yang harus mengisi formulir dari sponsor yang mereferensikannya. Selain itu, dalam pengisiannya data dituntut harus sama semua antara data satu dengan lainnya.

Pasal 3: Ketentuan Tentang IR

Di pasal ini, menjelaskan bahwa perusahaan memiliki otoritas penuh untuk mengevaluasi siapa saja yang mendaftar menjadi IR. Bukan hanya itu, perusahaan juga memiliki hak mutlak untuk menerima atau menolaknya. Bahkan memberhentikan membership.

Masa berlaku membership ini adalah setahun untuk kemudian member perlu memperpanjangnya.

Selanjutnya, pendaftar mesti paham dan mematuhi kode etik QNET.

Untuk nomor IR sendiri satu nama hanya memiliki satu nomor dan suami istri adalah satu kesatuan.

Bagi IR yang mengundurkan diri atau mendapat pemberhentian paksa bisa mendaftar ulang setelah enam bulan.

Pasal 4: Ketentuan Mengenai Sponsor

Pasal empat ini menerangkan bahwa setiap IR boleh menjadi sponsor bagi calon IR. Sponsor yang telah disetujui oleh perusahaan akan mendapatkan bonus.

Adapun kewajiban menjadi seorang sponsor adalah membina IR-nya dan wajib untuk menjelaskan segala hal terkait QNET kepada binaannya.

Apabila terjadi sengketa IR dengan sponsor lain maka perusahaan berhak menentukan siapa yang akan menjadi sponsor dari IR.

Pasal 5: Ketentuan Transaksi Pembelian

Pasal lima menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi pembelian. Poin-poin tersebut adalah terkait pembayaran yang sah, pengiriman produk, dan ketentuan pembelian.

Pembayaran yang sah adalah pembayaran yang sudah masuk ke dalam database perusahaan. Setelah pembayarannya sah, perusahaan akan mengirimkan produk ke alamat.

Perusahaan akan mengirimkan pesanan pada hari yang sama setelah pembayaran terkonfirmasi sebelum pukul 16.00 WIB, setelah jam tersebut akan masuk ke pengiriman hari kerja keesokan hari.

Selanjutnya, Anda tidak boleh memborong produk yang tidak begitu Anda butuhkan. Di sini, QNET sangat menyarankan pembelian yang sesuai kebutuhan. Sehingga menghindari mubazir atau produk tidak terjual, stok terlalu lama dan menyebabkan kadaluarsa.

Pasal 6: Cooling of Period

Pasal enam membahas tentang pembatalan keanggotaan.

Jadi, Anda boleh mengajukan pembatalan membership dengan tempo 10 hari setelah melakukan pendaftaran.

Anda perlu melampirkan surat tertulis dan mengirimkannya via email. Setelah pembatalan, Anda perlu mengembalikan merchandise dan starter kit yang Anda dapat.

Pengembalian ini harus dalam kondisi baik, apabila barangnya rusak, perusahaan berhak meminta biaya ganti rugi sesuai kerusakan.

Pasal 7: Bonus

Siapa yang tidak suka dengan bonus? Pasti Anda mengincar ini kan setelah bergabung dengan QNET?

Jika ya, cermati ini ya.

  • Perusahaan akan membayar bonus sesuai dengan prestasi IR
  • Pembayaran bonus terlaksana setiap hari Kamis setiap minggunya
  • Pembayaran menyesuaikan bank dan terlaksana pada jam kerja bank IR, apabila pada hari pembayaran merupakan hari libur maka perusahaan akan membayarnya pada hari kerja selanjutnya
  • Demi kelancaran pembayaran bonus, usahakan untuk menggunakan bank yang sama dengan bank perusahaan
  • Terkait dengan keanggotaan suami istri, apabila terjadi perceraian, salah satu anggota wajib untuk melaporkan ke perusahaan guna membuat surat keputusan bersama terkait bonus. Apabila terjadi perselisihan, perusahaan akan menangguhkan pencairan bonus

Pasal 8: Hak dan Kewajiban Perusahaan

Pasal ini menerangkan hak dan kewajiban perusahaan dalam pengadaan dan pelayanan kepada semua konsumen, IR, dan sponsor.

Hak dan kewajiban ini meliputi harga untuk IR dan sponsor, pengembalian produk, perbaikan atau penyesuaian harga, pembinaan dan pelatihan, pemberitahuan informasi terbaru atau update informasi, menjamin produk, memberikan starter kit pada anggota baru, dan legalisasi produk.

Pasal 9: Hak dan Kewajiban IR

Di sini menyebutkan bahwa IR berhak untuk mendapatkan produk berkualitas dari perusahaan, memperoleh bonus, mendapatkan pelatihan dan pembinaan, meminta bukti atas diskon atau penyesuaian harga, dan mendapat perlakuan yang sama dengan IR lain.

Di sisi lain, IR juga wajib untuk mematuhi kode etik atau aturan yang QNET tetapkan, bertindak sopan, dan mengikuti pelatihan dan pembinaan.

Pasal 10: Kegiatan yang Dilarang

Semua aktivitas yang tidak boleh Anda lakukan selama menjadi IR akan Anda temukan dalam pasal sepuluh.

Pasal 11: Sanksi Pelanggaran

Dalam pasal sebelas ada empat jenis sanksi pelanggaran yang akan Anda terima jika melakukan kesalahan atau aktivitas pada pasal 10, yakni surat peringatan, skorsing, penangguhan bonus, dan pemberhentian membership.

Pasal 12: Pemberhentian Keanggotaan

Seperti yang sudah tertera di pasal sebelumnya, perusahaan berhak memutuskan keanggotaan seorang IR. Pemberhentian ini akan menyertakan surat tertulis.

Hal-hal yang bisa membuat Anda mendapatkan surat pemberhentian membership ini seperti penggelapan dana, curang, dan lain-lain.

Pasal 13: Pengalihan Hak

Keanggotaan yang Anda miliki boleh Anda wariskan dengan ketentuan ahli waris bukan IR dan memenuhi syarat lainnya.

Pasal 14: Garansi Kualitas

Jadi, semua produk yang QNET jual adalah produk berkualitas tinggi. Apabila produk yang Anda terima tidak sesuai kualitasnya, Anda bisa menggunakan pasal ini untuk mengembalikan produk dan mendapatkan produk baru.

Perusahaan akan mengirimkan produk dalam waktu tiga bulan sebelum masa kadaluarsa produk.

Pasal 15: Jaminan Pembelian Kembali

Selain jaminan mutu barang, Anda juga akan mendapatkan jaminan pembelian kembali.

Jadi, perusahaan menjamin pembelian kembali atas produk, starter kit yang layak jual dengan harga yang sama atau bisa saja terjadi pengurangan harga, menyesuaikan dengan status keanggotaan.

Part 16: Pajak

QNET boleh meminta pajak berupa PPn dan PPh atas semua transaksi yang terjadi.

Pasal 17: Pelatihan dan Pembinaan

Pelatihan akan terbagi menjadi dua, yakni open plan dan business orientation. Sedangkan pembinaan pun terbagi menjadi dua, yaitu new IR meeting dan entrepreneurship mindset.

Pasal 18: Website, Medsos, dan HAKI

Di sini membahas terkait kerahasiaan login IR, aktivitas-aktivitas yang tidak baik untuk tersebar luas, dan berkaitan dengan HAKI atau hak kekayaan intelektual situs.

Pasal 19: Perusahaan Penjualan Langsung Lain

QNET tidak mempermasalahkan apabila ingin selingkuh dengan direct selling lain. Akan tetapi, tidak boleh merekrut IR untuk ke perusahaan lain.

Untuk IR yang memiliki jaringan sudah mencapai 100 tidak boleh bergabung dengan direct selling lain.

Dan tidak boleh melakukan cara negatif ketika menjual produk dari QNET atau penjualan langsung lain.

Pasal 20: Penutup

Pada pasal ini, IR harus mematuhi semua aturan-aturan yang QNET tetapkan. Memahaminya dan melakukan yang terbaik agar hasilnya maksimal.

QNET tidak menjanjikan kekayaan, tetapi sebagai perusahaan penjualan langsung QNET akan mengupayakan Anda untuk berprestasi bersama QNET dengan pelatihan dan pembinaan.

LOKASI PT. QN International Indonesia

Office Address –  Sona Topas Tower lt 15, Jalan Jend Sudirman Kav 26, Jakarta Selatan

T +62212506730

P +6281586724887

E fariq.azizi@QNET.net

Facebook – https://www.facebook.com/QNETIndonesia/

Instagram – https://www.instagram.com/QNETindonesiaofficial/

YouTube – https://www.youtube.com/c/QNETIndonesiaOfficial/

Twitter – https://twitter.com/QnetIndofficial

FAQ :

1. Apa Itu QNET?

QNET adalah sebuah perusahaan yang yang memakai sistem penjualan berupa direct selling atau penjualan langsung.

Layanan penjualan langsung QNET berlaku secara global dengan layanan unik high quality untuk semua pelanggannya di seluruh belahan dunia.

2. Sebutkan fakta yang harus Anda ketahui ketika ingin bergabung dengan QNET!

  • Sistem QNET bukan skema piramida investasi karena di sini, Anda harus membeli produknya.
  • QNET bukan money game.
  • QNET perusahaan resmi dengan lisensi dari AP2LI dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

3. Bagaimana caranya menghasilkan uang dari QNET?

Pertama, Anda bisa membuka e-commerce milik QNET dan mendaftar sebagai perwakilan independen.

Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk QNET. Ini adalah satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan uang dari QNET.

Agar usaha Anda lebih maksimal, belilah terlebih dulu produk QNET. Gunakan dan rasakan manfaatnya, setelah itu, promosikan pada orang-orang. Yakinkan mereka untuk membeli dengan bukti nyata, yakni Anda pun merasakan manfaat dari produknya.

Selain itu, dari pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar