Pasang Surut: Pengertian, Teori, Jenis, Penyebab, Manfaat

Oleh : ellen-blog | Tanggal : 2021-07-10 13:39:21 | Kategori : Akademik , | Komentar : 0

Pengertian pasang surut air laut
Baca cepat Buka

Pasang surut adalah perubahan ukuran permukaan laut yang disebabkan oleh gaya gravitasi benda-benda astronomi seperti matahari dan bulan. Efek objek astronomi lainnya sangat kecil karena lebih kecil dari matahari dan lebih jauh dari bulan. Pasang surut yang terjadi di seluruh dunia bervariasi, dengan sebagian besar berkisar antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit. Pasang surut adalah salah satu arus laut dengan pengecualian gelombang laut dan arus laut.
Teori pasang surut

 

Ada 2 teori yang mempengaruhi munculnya pasang surut, yaitu sebagai berikut:

 

    Teori keseimbangan

Teori kesetimbangan dikemukakan oleh Sir Isaac Newton. Teori tersebut menggambarkan bentuk pasang surut secara kualitatif. Teori ini muncul di bumi ketika sebagian permukaannya tertutup oleh uap air. Teori keseimbangan menyimpulkan bahwa kenaikan dan penurunan permukaan laut diimbangi oleh gaya pasang surut. Oleh karena itu, untuk menganalisis gaya pengungkit pasang surut perlu membagi proses mobilitas antara bumi, bulan dan matahari menjadi dua proses, yaitu bulan dan matahari dan bumi dan bulan. Teori ini menyimpulkan bahwa pasang surut berhubungan dengan laut, badan air yang bergerak maju, bulan, dan matahari.
Baca selanjutnya: Percaya kepada Allah

    Teori dinamis

Teori ini dikemukakan oleh Laplace. Teori dinamik merupakan teori pelengkap dari teori keseimbangan. Teori ini mengukur pasang surut secara kuantitatif. Teori dinamik menyatakan bahwa gaya tuas pasang surut menciptakan gelombang pasang yang waktu gelombangnya sama dengan gaya tuas pasang surut.
Jenis pasang surut

 

Berikut adalah 4 jenis pasang surut, yaitu sebagai berikut:

    Pasang surut dua kali sehari

Pasang surut harian adalah terjadinya dua kali pasang dan dua kali surut dengan kekuatan yang sama dalam satu hari. Waktu pasang surut umumnya terjadi pada 24 jam 50 menit.

    Pasang surut harian tunggal

Pasang surut harian tunggal adalah terjadinya pasang naik dan pasang surut dengan waktu mulai kira-kira 12 jam 24 menit.

    Gabungan pasang surut menghasilkan double daily

Gabungan pasang surut yang mengakibatkan waktu dua kali dalam sehari adalah terjadinya dua kali pasang dan dua kali surut, tetapi dengan muka air laut yang besar dan interval waktu yang besar.

    Gabungan pasang surut menghasilkan satu hari

Gabungan pasang surut yang mengakibatkan satu hari adalah terjadinya satu kali pasang dan satu kali surut dalam sehari, tetapi hanya kadang-kadang untuk beberapa waktu terjadi dua kali pasang dan dua kali surut.
Penyebab pasang surut air laut

 

Di bawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya pasang surut air laut, sebagai berikut:

    Rotasi bumi pada porosnya

Rotasi bumi adalah gerakan bumi pada porosnya. Pada saat bumi bergerak, ada periode ketika suatu wilayah laut menghadap bulan dan ada periode ketika posisinya menghadap matahari. Air laut bertemu bulan di malam hari. Oleh karena itu, sebelumnya ditemukan bahwa tarikan gravitasi bulan adalah dua kali tarikan gravitasi matahari, sehingga tidak diketahui kapan banyak air laut menyebabkan banjir di malam hari.
Baca lebih lanjut: Kontrol Manajemen

    Rotasi bumi terhadap matahari

Revolusi adalah gerakan suatu benda langit mengelilingi benda langit lain yang membentuk inti. Benda yang melakukan revolusi adalah planet. Planet-planet yang mengelilingi matahari adalah ibu dari tata surya. Dengan revolusi ini kita bisa memiliki waktu bertahun-tahun. Orbit bumi mengelilingi matahari merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pasang surut air laut karena bumi terkadang menghadap matahari dan terkadang jauh dari matahari. Ini sebagian karena orbit Bumi berbentuk oval.

    Rotasi bulan melawan matahari

Bulan merupakan satelit alami bumi, memiliki rotasi ganda yaitu bumi dan matahari. Jika menyebabkan rotasi simultan dengan bumi, maka ada cara di mana matahari dan bulan berdampingan di satu titik. Dengan cara ini kekuatan tarik keduanya terakumulasi dan dapat mencapai permukaan laut dibandingkan keadaan pada umumnya.
Manfaat air laut pasang surut

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari pasang surut air laut yaitu sebagai berikut:

    Dapat digunakan sebagai sumber listrik
    Digunakan untuk transportasi di dalam air
    Digunakan untuk mengekstrak garam
    Digunakan sebagai aktivitas olahraga air
    Menjadi sumber pangan dan pekerjaan bagi para nelayan

Lihat Juga :

https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://www.sudoway.id/
https://appandro.id/
https://www.dulurtekno.co.id/


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar