Budi Santosa, S.Si., M.T.

  Mengacu dzikir, memacu fikir, merajut amal

Apa Itu Hak Merek Dan Estatus Hki Mengapa Penting Untuk Usaha Anda?

Oleh : dissan-blog | Tanggal : 2021-04-13 14:21:04 | Kategori : Bisnis , | Komentar : 0

gambar

Apa Itu Hak Merek dan Estatus HKI Mengapa Penting untuk Usaha Anda? - Di dunia usaha, merek atau merek sebagai identitas yang membandingkan Anda dari pesaing. Merek jugalah yang membuat usaha Anda menjadi lebih dikenal oleh customer. Karena itu, merek Anda harus diproteksi supaya tidak memunculkan permasalahan masa datang. Salah satunya instrumen membuat perlindungan usaha Anda ialah hak merek.

Untuk menolong Anda pahami apakah itu hak merek dan estatus hki mengapa penting untuk usaha Anda, baca terus artikel ini ya!

Dari sisi hukum, merek ialah tanda yang bisa diperlihatkan secara grafis berbentuk gambar, simbol, nama, kata, huruf, angka, formasi warna, berbentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau gabungan dari 2 ataupun lebih elemen itu untuk membandingkan barang dan/atau layanan yang dibuat oleh orang atau tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan barang dan/atau layanan.

Awalnya sudah diterangkan jika merek sebagai identitas dari sebuah usaha. Kecuali jadi pembanding, merek sebagai jadi instrumen yang sebagai wakil sebuah perusahaan. Oleh karena itu, keberadaan dan komunikasi merek jadi factor kunci dalam pasarkan satu produk, baik barang atau layanan.

Menyaksikan begitu keutamaan makna merek pada suatu usaha, karena itu lumrah bila merek pantas mendapatkan pelindungan hukum lewat instrumen Hak Merek.

Hak merek ialah hak terbatas untuk pemilik merek tercatat untuk memakai merek itu dalam perdagangan barang dan/atau layanan, sesuai kelas dan tipe barang/layanan untuk mana merek itu tercatat.

Dalam Pasal 2 ayat (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Tanda-tanda Geografis, diterangkan jika merek yang diproteksi terdiri dari tanda berbentuk gambar, simbol, nama, kata, huruf, angka, formasi warna, berbentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau gabungan dari 2 ataupun lebih elemen itu untuk membandingkan barang dan/atau layanan yang dibuat oleh orang atau tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan barang dan/atau layanan.

Dengan mempunyai Hak Merek dan estatus hki, Anda mempunyai kebebasan untuk memakai merek itu untuk maksud komersil, dan memiliki hak larang faksi lain untuk memakai merek itu untuk kelas dan tipe barang/layanan yang serupa.

Sebagai contoh, Anda ialah pemegang hak merek dan estatus hki untuk sebuah coffee shop namanya Colour Kode. Karena itu, Anda bisa larang ada coffee shop lain bila ingin memakai nama Colour Kode. Tetapi, Anda tidak dapat larang bila ada orang atau barisan yang ingin buka toko baju dengan merek Colour Kode.

Nama usaha, simbol, dan produk sebuah kekayaan cendekiawan yang perlu memperoleh pernyataan dan pelindungan. Membuat perlindungan nama usaha, simbol, dan asset penting yang lain dalam usaha, Sebaiknya anda ajukan registrasi Hak Merek.

Ini dapat kurangi peluang ada perusahaan lain sontek produk atau kekayaan cendekiawan usaha Anda. Dengan begitu, dapat memberi Anda status yang semakin tinggi di atas pesaing.

Selanjutnya, mendaftar Hak Merek dan estatus hki datangkan bermacam faedah. Anda jadi dapat semakin gampang datangkan investor. Untuk Anda yang masih belum tahu, saat sebelum memberikan modal ke sebuah perusahaan, investor tidak cuma menyaksikan laporan keuangannya saja, tapi juga bagaimana leadership di pemilik perusahaan dan berapa berarti merek atau merek itu di mata warga.

Hak Merek ialah asset kekayaan cendekiawan. Bila diatur secara benar, merek dapat mempunyai nilai atau valuasi yang jauh melewati perusahaannya tersebut.

Dengan demikian, banyak perusahaan yang jual brand-nya, tanpa jual semua perusahaannya. Misalnya ialah merek SariWangi yang sekian tahun lalu sempat pernah ramai dibahas.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar