Budi Santosa, S.Si., M.T.

  Mengacu dzikir, memacu fikir, merajut amal

Merek Estatus HKI Sangat Penting untuk Perusahaanmu

Oleh : dissan-blog | Tanggal : 2021-04-13 14:18:33 | Kategori : Bisnis , | Komentar : 0

gambar

Baik perusahaan manufacturing atau layanan, Anda harus betul-betul memerhatikan hak atas kekayaan cendekiawan dan Estatus HKI dagang.

Baik jadi orang yang memroduksi kreasi inovatif, atau sebagai pemakai. Janganlah sampai Anda dirugikan atau justru bikin rugi seseorang.

Karena kepentingan berkaitan hak atas kekayaan cendekiawan ini ialah kepentingan yang paling serius.

Bahkan juga negara dalam masalah ini pemerintahan di bawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, mempunyai satu direktorat yang khusus mengurusnya, yakni Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan dan estatus hki

Pengertian Hak atas Kekayaan Cendekiawan

Pengertian hak atas kekayaan cendekiawan (HaKI) dengan singkat bisa disimpulkan sebagai estatus hki yang mengambil sumber hasil dari aktivitas cendekiawan manusia, yang mana mempunyai faedah ekonomi.

Hak ini dapat dikatakan sebagai hak yang terbatas hanya karena diberi khusus ke orang atau barisan yang membuat kreasi cipta berkaitan. Lewat hak ini, seseorang tidak bisa manfaatkan secara ekonomis kreasi cipta punya seseorang tanpa ijin dari pembuatnya.

Dari pemahaman di atas bisa, diambil simpulan bila object HaKI ialah kreasi atau ciptaan yang dibuat dari pertimbangan atau kekuatan cendekiawan manusia.

Arah Implementasi Hak atas Kekayaan Cendekiawan
Hak ata Kekayaan Cendekiawan penting untuk dipahami dan diaplikasikan kecuali membuat perlindungan hak ekonomis punya pembuat kreasi, ada faedah lainnya dari implementasi HaKI.

Sebagai pelindungan hukum ke pembuat, pada hasil cipta kreasi dan nilai ekonomis yang terdapat didalamnya. Sebagai sebuah pelindungan akan asset bernilai yang dimiliki perseorangan atau barisan berbentuk hasil kreasi.
Memperhitungkan ada pelanggaran Hak atas Kekayaan Cendekiawan seseorang.
Tingkatkan persaingan dan memperlebar market share, terutamanya dalam soal komersilisasi kekayaan cendekiawan. Ini kemungkinan muncul, karena adanya HaKI, akan memberi motivasi ke beberapa pembuat, industri dan warga luas agar bisa berkreasi dan bereksperimen, dan memperoleh animo dari ciptaannya itu.
Sebagai bahan alasan dalam tentukan taktik riset, industri dan usaha di Teritori Indonesia.
Macam-Macam Hak atas Kekayaan Cendekiawan
Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan (DJKI) membuat membandingkan kekayaan cendekiawan jadi dua tipe, yakni yang pertama ialah hak cipta dan yang ke-2 ialah hak kekayaan industri.

Hak Cipta
Diambil dari situs DJKI, "Hak Cipta ialah hak terbatas pembuat yang muncul secara automatis sesudah satu ciptaan direalisasikan berbentuk riil berdasar konsep deklaratif."
Contoh ciptaan yang diproteksi hak cipta sebagai berikut ini:

Buku, brosur, program computer, perwajahan karya tulis yang diedarkan, dan semua hasil karya tulis lainnya;
Khotbah, pidato, kuliah, dan ciptaan yang lain yang semacam;
Alat peraga yang dibikin dalam rencana kebutuhan pengajaran dan pengetahuan pengetahuan;
Lagu atau musik;
Sinetron atau sinetron musikal, tarian, pewayangan, koreografi, dan pantomim;
Seni rupa;
Arsitektur;
Peta;
Seni batik;
Photografi;
Terjemahan, dan lain-lain.
Hak Kekayaan Industri
Ada banyak turunan dari Hak Kekayaan Industri

Hak Paten
Hak atas Merk
Design Industri
Tanda-tanda Geografis
Secara simpel ketidaksamaan di antara paten, merk, dan design industri bisa digambarkan dengan produk arloji. Merk arloji misalnya Rolex, Hublot dan lain-lain. Cuman pemilik hak merk Rolex-lah yang dibolehkan untuk menandai produknya dengan merk itu dan memberi pernyataan jika produknya asli.

Sementara hak paten, ialah hak yang bisa dipunyai dengan seorang penemu atas penemuan anyarnya di bagian tehnologi. Misalkan, seorang penemu mendapati tehnologi tertentu yang bila diterapkan pada suatu jam, karena itu jam itu bisa berpijar tanpa baterei.

Seorang penemu yang mempermanenkan penemuannya, memiliki hak secara terbatas untuk memakai tehnologi penemuannya atau meluluskan faksi lain untuk memakai tehnologi penemuannya itu.

Sementara untuk design industri, bila digambarkan dengan arloji, ialah design ciri khas yang membandingkan satu jam tertentu dengan jam yang lain. Contoh design skeleton, sport, atau classic yang dipunyai dan jadi signature oleh merek arloji tertentu.

Sementara tujuan dari tanda-tanda geografis ialah satu tanda yang mengarah asal satu produk. Kategorisasi tanda-tanda geografis di rasa perlu, karena factor geografis dapat memberi rekam jejak, kualitas, dan karakter tertentu pada sesuatu produk. Tanda-tanda geografis ini bisa ditampilkan dalam cap atau stiker pada paket produk.


Tinggalkan Komentar

Pastikan semua kolom sudah terisi dengan benar!.
kirim komentar